Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Eksperimen terhadap Pemahaman Konsep Panas pada Siswa SMP
DOI:
10.29303/cnsej.v2i2.531Diterbitkan:
2024-06-30Terbitan:
Vol 2 No 2 (2024): JuneKata Kunci:
Asam Basa, Konsep IPA, Pertanian Strawberry, pHAbstrak
Konsep panas merupakan materi penting pada pembelajaran IPA di SMP. Materi ini menggabungkan konsep fisika yang berkaitan dengan sifat panas suatu benda, pemuaian dan pengerutan benda, perubahan wujud, dan perubahan suhu. Pembelajaran berbasi eksperimen pada siswa sangat pening dalam menunjang proses pe,belajaran terkhususnya dalam pemahaman konsep panas. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis metode pembelajaran berbasis eksperimen dan mengisi angket berupa pernyataan-pernyataan yang tersedia di kelas VII SMP Negeri 1 Keruak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan masing-masing tingkat minat siswa pada metode pembelajaran eksperimen. Pengumpulan data melalui observasi dan data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran berbasis eksperimen pada konsep panas siswa kelas VII SMP Negeri 1 Keruak yang dominan adalah kategori cukup diminati siswa.
Biografi Penulis
Lacitra Mulawara, Universitas Mataram
Alifka Jinan Fathiyyah, Universitas Mataram
Miftah Arinal Haqqi, Universitas Mataram
Joni Rokhmat, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal (CNSEJ)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.