https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej/issue/feed Contextual Natural Science Education Journal 2023-12-29T00:00:00+08:00 Prof. Dr. Joni Rokhmat, M.Si. jonifkip@unram.ac.id Open Journal Systems <div class="description"> <p><span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0"><strong>Not Accredited SINTA, </strong></span></span><strong><a href="https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej" rel="bookmark">Contextual Natural Science Education Journal </a></strong><span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0">is currently published 4 times a year, in March, June, September and December</span></span></p> </div> https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej/article/view/541 Analisis Konsep IPA Asam Basa pada Pertanian Strawberry (Fragaria sp.) di Sembalun 2023-12-20T11:42:39+08:00 Galuh Elisa Roliana Fatimah elisa.galuh@gmail.com Baiq Nabil Saufika Zainuri i2e02310012@student.unram.ac.id Wahyu Indah Widya Astuti i2e02310012@student.unram.ac.id Yayuk Andayani i2e02310012@student.unram.ac.id Gito Hadiprayitno i2e02310012@student.unram.ac.id Agil Al Idrus i2e02310012@student.unram.ac.id <p>Anorganik yang sudah dicampurkan dengan tanah memberi dampak terhadap pertumbuhan tanaman strawberry dan hasil produksinya. Secara ilmiah, kesuburan tanah dapat dilihat dari kandungan ion hidrogennya atau tingkat keasaman tanah (pH). pH sangat mempengaruhi unsur hara yang diperlukan bagi tanaman strawberry&nbsp; Adanya relevansi sains masyarakat dengan sains ilmiah tersebut maka perlu dilakukan kajian tentang pengaruh pH tanah terhadap hasil panen strawberry. Pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi secara langsung dan wawancara guru sekaligus penggiat tanaman strawberry di SMPN 2 Sembalun serta data sekunder melalui kajian pustaka yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan sains masyarakat yang berkembang dengan sains ilmiah tentang metode pemberian pupuk pada strawberry (<em>Fragaria sp.)</em>. Strawberry adalah tanaman subtropis yang dapat beradaptasi baik di dataran tinggi tropis dengan temperatur 17-20°C dan disertai curah hujan 600-700 mm/tahun, berada di tanah lempung berpasir dengan <strong>pH 5,8-6,5 </strong>dan kondisi drainase yang baik. Unsur hara esensial yang dibutuhkan tanaman strawberry adalah unsur makro dan mikro terutama unsur N, P, dan K.</p> 2023-12-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Contextual Natural Science Education Journal https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej/article/view/532 Analisis Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa 2023-12-17T14:52:51+08:00 Afriza Kazwani Revikasya Revikasyaafriza@gmail.com Nurnabilah nabilrupert@gmail.com Joni Rokhmat jrokhmat62@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Langgudu. Sampel yang digunakan adalah 20 siswa yang di peroleh dengan pengisian kuisioner. Pengumpulan data dengan kuesioner (angket) untuk mengukur minat dan motivasi belajar, sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dari presentase minat dan motivasi belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah survey dengan menggunakan tehnik analisis korelasional, yaitu mencari hubungan dan pengaruh antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Metode ini memberikan gambaran tentang variabel-variabel yang ditemukan, sekaligus menyelidiki hubungan dan pengaruh antara variabel, karena itu metode ini akan mengungkapkan data faktual berdasarkan informasi yang ditemukan. Hipotesisnya, yaitu 1) Mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Langgudu. 2) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 2 Langgudu 3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Langgudu. Berdasarkan hasil analisis diperoleh motivasi dan minat belajar siswa mempunyai hasil yang signifikan terhadap hasil prestasi belajar siswa, dimana minat dan motivasi belajar yang tinggi akan meningkatkan prestasi belajar siswa.</p> 2023-12-29T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Contextual Natural Science Education Journal https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej/article/view/545 Relevansi Pengetahuan Sains Masyarakat Dengan Sains Ilmiah Terhadap Kegiatan Nyensek (Menenun) Di Desa Sukarare Lombok Tengah 2023-12-20T15:53:50+08:00 Baiq Dini Najia Dzurrahmi dininajia99@gmail.com Nurul Hidayah yayukandayani@unram.ac.id Gito Hadiprayitno dininajia99@gmail.com Yayuk Andayani dininajia99@gmail.com Agil Al Idrus dininajia99@gmail.com <p>Indonesia memiliki beragam budaya yang memiliki nilai pengetahuan yang relevan dengan sains ilmiah. Pengetahuan sains masyarakat ini dapat dijadikan salah-satu sumber belajar IPA di sekolah.&nbsp; dengan penegtahuan sains ilmiah dapat dijadikan salah satu langkah untuk menanaman etnosains terhadap pembelajaran IPA pada peserta didik di Sekolah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi relavansi pengetahuan sains masyarakat dengan pengetahuan sains ilmiah pada budaya “Nyesek” (menenun) di Desa Sukarare Lombok Tengah. Data didapatkan melalui observasi dan wawancara dengan masyarakat untuk menggali pemahaman mendalam tentang kegiatan Nyesek (menenun) menggunakan alat tradisional. Terdapat relevansi atau kaitan antara pengetahuan sains masyarakat dengan sains ilmiah pada kegiatan “Nyensek” (menenun) di Desa Sukarare Lombok Tengah yaitu pada kajian etnobotani dalam pemanfaatan beberapa jenis tumbuhan untuk pembuatan alat tenun tradisioanal. Diantara jenis tumbuhan yang dimanfaatkan adalah bambu (<em>Dendrocalamus asper</em>), asam (<em>Garcinia xanthochymus</em> Hook.), dan kelapa (<em>Cocus nucifera</em>) yang dimanfaatkan bagian batangnya untuk membuat bagian-bagian dari alat tenun tradisional. Adanya relevansi pengetahuan sains masyarakat dengan sains ilmiah pada kegiatan “Nyensek” khususnya dalam kajian etnobotani dapat dituangkan dalam pembelajaran IPA bagi peserta didik di sekolah dengan materi <em>Pemanfaatan</em> <em>Keanekaragaman Hayati Di Indonesia</em> pada materi Biologi kelas X.</p> 2023-12-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Contextual Natural Science Education Journal https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej/article/view/540 The article Identifikasi Pengetahuan Sains Masyarakat Yang Relevansi Dengan Sains Ilmiah Tentang Minyak Obat Khas Desa Sembalun 2023-12-20T11:23:19+08:00 Husniatul Ummi i2e02310005@student.unram.ac.id Dian Islamiyati i2e02310005@student.unram.ac.id Lalu Muhammad Rispan Sugi Saputra i2e02310005@student.unram.ac.id Yayuk Andayani i2e02310005@student.unram.ac.id Gito Hadiprayitno i2e02310005@student.unram.ac.id Agil Al Idrus i2e02310005@student.unram.ac.id <table width="605"> <tbody> <tr> <td width="425"> <p>Obat tradisional merupakan ramuan atau bahan-bahan yang berupa bahan hewan, bahan tumbuhan dan bahan mineral yang secara turun temurun dimanfaatkan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman. Penelitian ini bertujuan unruk mengidentifikasi pengetahuan sains masyarakat relevansi dengan sians ilmiah pada minyak obat khas desa Semalun. &nbsp;Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif berfokus pada pengetahuan masyarakat (etnosains) tentang obat tradisional minyak khas sembalun, pengumpulan data menggunakan instrumen teks wawancara dan dokumentasi, alat yang digunakan dalam peneltian ini adalah peneliti itu sendiri dan dibantu dengan instrumen wawancara, dimana sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber yaitu Papuk Rismi sekalu tabib dari desa Sembalun. Tanaman obat yang digunakan dari segi pengetahuan sains masyarakat cukup relevan dengan sains ilmiah dimana hal tersebut dibuktikan dari hasil wawancara dengan masyarakat di desa Sembalun terkait khasiat tanaman obat dengan literatur ilmiah pengetahuan sains masyarat tentang khasiat tanaman obat.</p> </td> </tr> </tbody> </table> 2023-12-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Contextual Natural Science Education Journal https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/cnsej/article/view/526 Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke 2023-12-16T19:38:21+08:00 Isma Unun ismaunun80@gmail.com Rosita Sari rositasari010801@gmail.com Ines ines53798@gmail.com Joni Rokhmat jrokhmat62@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan desain instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke, 2) menguji tingkat kelayakan instrumen penilaian HOTS yang telah dikembangkan, 3) mendeskripsikan karakteristik instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang valid, dan 4) menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan instrumen penilaian HOTS pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa SMAN 6 Mataram yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket yang berisi instrumen penilaian HOTS dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 12 soal meliputi tingkatan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa (1) Butir soal HOTS yang valid berjumlah 8 nomor dan butir soal yang tidak valid 4 nomor, (2) Persentase kemampuan siswa dalam menjawab tiap butir soal paling rendah terdapat pada nomor 7 dengan 33,3% dan jawaban tiap butir soal paling tinggi terdapat pada nomor 10 dengan 80%, (3) Persentase kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal tingkatan menganalisis adalah 71,7%, kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal tingkatan mengevaluasi adalah 60% dan sebesar 41,5% untuk kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal tingkatan mencipta.</p> 2023-12-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2023 Contextual Natural Science Education Journal