Pengaruh Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Fisika
DOI:
10.29303/cnsej.v2i2.530Diterbitkan:
2024-03-30Terbitan:
Vol 2 No 2 (2024): JuneKata Kunci:
Motivasi Belajar, Hasil belajar, SMKN 1 NunukanAbstrak
Motivasi belajar merupakan dorongan yang diberikan oleh seseorang untuk orang lain agar dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Lemahnya motivasi belajar peserta didik dapat menurunkan hasil belajar peserta didik. Jadi dapat dikatakan bahwa motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dari dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fisika pada materi gerak lurus di SMKN 1 Nunukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dan penelitian survey. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X IPA tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 50 orang. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuisioner tentang motivasi serta soal pilihan ganda tentang materi gerak lurus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu motivasi belajar peserta didik tergolong dalam kriteria tinggi atau baik dengan presentase 78%. Sedangkan hasil belajar pesera didik pada mata pelajaran fisika materi gerak lurus berada pada kategori cukup baik dengan presentasi 82%. Berdasarkan uji regresi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dan positif antara motivasi dan hasil belajar siswa di SMKN 1 Nunukan.
Biografi Penulis
Dilla Agustiawati, Universitas Mataram
Intan Ambarwati, Universitas Mataram
Joni Rokhmat, Universitas Mataram
Tibyana Ulinnuha, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.