Analisis Gaya Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum Newton

Penulis

Nurul Aini , Hesti Diana Putri , Baiq Septia Azizati , Joni Rokhmat

DOI:

10.29303/cnsej.v2i1.528

Diterbitkan:

2024-03-30

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2024): Maret

Kata Kunci:

Gaya belajar, Hasil belajar, Hukum Newton

Articles

Abstrak

Pendidikan dianggap sebagai hal yang paling penting dan mendasar bagi setiap individu, terutama bagi generasi penerus bangsa. Pendidikan berperan dalam mengembangkan potensi diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan untuk kontribusi terhadap masyarakat dan negara. Meskipun begitu, pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pembelajaran Fisika, masih menghadapi tantangan. Fisika merupakan bagian penting dari pendidikan IPA di tingkat SMP dan memerlukan pendekatan inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini fokus pada faktor internal, terutama gaya belajar siswa, dan dampaknya terhadap hasil belajar Fisika. Gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik diidentifikasi sebagai variabel utama dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penggunaan angket dan analisis data presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki gaya belajar kinestetik, diikuti gaya belajar auditorial dan visual. Hasil belajar Fisika siswa berada pada kategori baik, dengan persentase rata-rata sebesar 73%. Terdapat korelasi positif antara gaya belajar kinestetik dengan hasil belajar yang lebih baik.

Biografi Penulis

Nurul Aini, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.