Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Besaran dan Satuan

Penulis

Dunia Purnama , Tanwiruddin Tanwiruddin , Gina Harnum Fatina , Joni Rokhmat

Diterbitkan:

2023-12-30

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2023): Desember

Kata Kunci:

Besaran dan Satuan, Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar

Articles

Abstrak

Hasil studi pendahuluan menemukan bahwa kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar materi besaran dan satuan cukup rendah. Temuan tersebut perlu dibuktikan lebih jauh dengan data terkait hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuesioner) dan tes hasil belajar kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa pada kelas X MIPA SMAN 1 Narmada yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple jenuh sampling, dengan sampel yang digunakan sebanyak 29 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua, yakni hasil belajar kognitif peserta didik sebagai variabel terikat (Y) dan motivasi belajar peserta didik sebagai variabel bebas (X). Angket motivasi belajar dan soal tes hasil belajar kognitif dibagikan secara online menggunakan program Google Form, kemudian untuk proses analisis data menggunakan spss v26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gerak parabola dengan kategori sedang yang ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0.044 dengan tingkat hubungan sebesar 68% yang berarti sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Biografi Penulis

Dunia Purnama, Universitas Mataram

Tanwiruddin Tanwiruddin, Universitas Mataram

Gina Harnum Fatina, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, Universitas Mataram