Analisis Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Fisika

Penulis

Qothrunnada Qothrunnada , Rohmi Nurul Aini , Laelatul Fitri , Joni Rokhmat

Diterbitkan:

2023-12-30

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2023): Desember

Kata Kunci:

Berfikir Kritis, Pendidikan, Pemecahan Masalah

Articles

Abstrak

Keterampilan utama yang dibutuhkan pada abad 21 ini, merupakan keterampilan yang wajib siswa miliki meliputi kemampuan berkomunikasi, disertai dengan keterampilan berpikir kritis serta kemampuan pemecahan masalah  dengan dasar dari konsep kehidupan, seperti yang telah dikembangkan oleh UNESCO sebagai “learning to know, learning to do, learning to be , dan learning to live together “.Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan siswa untuk melakukan analisis terhadap argumen, membuat kesimpulan, mengevaluasi, dan mengambil keputusan serta menyelesaikan masalah . sedangkan keterampilan Pemecahan masalah dapat dijelaskan sebagai kemampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis  kemampuan berpikir kritis  dan pemecahan masalah pada  pelajaran  Fisika  . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei  dengan jenis penelitian analisis kuantitatif . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI  MA Plus Assohwah Al- Islamiyah yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI  MA Plus Assohwah Al- Islamiyah memiliki kemampuan pemecahan masalah jauh lebih tinggi dengan persentase rata rata sebesar 73 % dengan kategori cukup  dibandingkan dengan kemampuan berfikir kritis siswa dengan persentase  rata- rata  69 % dengan kategori cukup.

Biografi Penulis

Qothrunnada Qothrunnada, Universitas Mataram

Rohmi Nurul Aini, Universitas Mataram

Laelatul Fitri, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, Universitas Mataram