Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke
DOI:
10.29303/cnsej.v1i1.526Diterbitkan:
2023-12-31Terbitan:
Vol 1 No 1 (2023): DesemberAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan desain instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke, 2) menguji tingkat kelayakan instrumen penilaian HOTS yang telah dikembangkan, 3) mendeskripsikan karakteristik instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang valid, dan 4) menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan instrumen penilaian HOTS pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa SMAN 6 Mataram yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket yang berisi instrumen penilaian HOTS dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 12 soal meliputi tingkatan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa (1) Butir soal HOTS yang valid berjumlah 8 nomor dan butir soal yang tidak valid 4 nomor, (2) Persentase kemampuan siswa dalam menjawab tiap butir soal paling rendah terdapat pada nomor 7 dengan 33,3% dan jawaban tiap butir soal paling tinggi terdapat pada nomor 10 dengan 80%, (3) Persentase kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal tingkatan menganalisis adalah 71,7%, kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal tingkatan mengevaluasi adalah 60% dan sebesar 41,5% untuk kemampuan mahasiswa dalam menjawab soal tingkatan mencipta.