A Efektivitas Ice Breaking Dalam Membangun Interaksi dan Mengurangi Kejenuhan Peserta Didik Mempelajari Fisika Fase E di SMAN 2 Mataram

Authors

Yanti Pebriani1 , Juis Hildayantu , Ni Putu Anindita Dara Maheswari , Ahmad Harjono

DOI:

10.29303/cnsej.v2i2.547

Published:

2024-06-30

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2024): June

Keywords:

Evektivitas, ice breaking, dalam membangun interaksii, mengurangi kejenuhan, peserta didik, fase e

Articles

Downloads

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas ice breaking dalam membangun interaksi dan mengurangi kejenuhan peserta didik mempelajari fisika fase E di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Narasumber dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X.7. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan belajar yang sebelumnya tidak menerapkan ice breaking membuat pembelajaran sangat membosankan dan jenuh sehingga siswa tidak bersemangat dalam belajar. Namun, ketika sudah menerapkan ice breaking pada kegiatan pembelajaran siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar serta suasana belajar menjadi menyenangkan. Sehingga ice breaking dianggap sangat efektif dalam membangun interaksi dan mengurangi kejenuhan peserta didik dalam belajar.

Author Biographies

Yanti Pebriani1, Universitas Mataram

Juis Hildayantu, Universitas Mataram

Ni Putu Anindita Dara Maheswari, Universitas Mataram

Ahmad Harjono, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal (CNSEJ)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.