Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Praya Pada Materi Hukum Newton

Authors

Khairunnisa Sukma Anjani , Muhammad Thoriq Hidayatullah , Joni Rokhmat

DOI:

10.29303/cnsej.v2i2.533

Published:

2024-06-30

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2024): June

Keywords:

Hukum Newton, Kemampuan Berpikir Kritis, siswa SMA

Articles

Downloads

Abstract

Pembelajaran terapan tidak lagi mengajarkan keterampilan berpikir tingkat rendah, tetapi berfokus pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir yang lebih tinggi memberikan kemampuan untuk memperbaiki dan memecahkan berbagai masalah sedemikian rupa sehingga diperoleh solusi terbaik. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis  siswa kelas X SMA Negeri 2 Praya berdasarkan materi hukum Newton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  deskriptif kuantitatif. Media yang digunakan dalam pekerjaan ini adalah soal pilihan ganda. Namun, hasil yang diperoleh mencerminkan pemikiran tersebut. Keterampilan pelajar Indonesia dari atas hingga bawah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa keterampilan penalaran tingkat tinggi siswa lemah, menunjukkan bahwa banyak siswa  melakukan kesalahan ketika menyelesaikan tugas-tugas rutin dalam konteks yang akrab. Data dikumpulkan dalam bentuk tes pilihan ganda sebanyak 5 soal. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah dengan mengamati siswa menjawab pertanyaan. Hasil yang  diperoleh dari tes yang tuntas mewakili persentase pemahaman siswa, yaitu. Pemahaman baik sebanyak 15%, pemahaman cukup baik sebanyak 65%, dan  pemahaman kurang baik sebanyak 25%. Inferensi adalah kemampuan berpikir kritis dan memahami konsep fisika yang merupakan bagian dari hukum Newton. Siswa masih belum bisa berpikir kritis terhadap soal hukum Newton yaitu soal perhitungan. Pada saat yang sama, siswa  dapat terus mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep hukum Newton.

Author Biographies

Khairunnisa Sukma Anjani, Universitas Mataram

Muhammad Thoriq Hidayatullah, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal (CNSEJ)

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.