Tinjauan Pustaka: Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Peningkatan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains (2020-2025)
Literature Review: The Influence of the Inquiry Learning Model on Increasing Scientific Attitudes in Science Learning (2020-2025)
DOI:
10.29303/cnsej.v3i2.1089Published:
2025-06-30Issue:
Vol. 3 No. 2 (2025): JuniKeywords:
Tinjauan Pustaka, Sikap Ilmiah, Inquiry Learning, Pembelajaran SainsAbstract
Penelitian ini merupakan sebuah tinjauan pustaka yang bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning terhadap peningkatan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains. Sikap ilmiah yang dimaksud mencakup rasa ingin tahu, objektivitas, keterbukaan terhadap bukti, serta ketekunan dalam proses mencari kebenaran. Dengan metode deskriptif analitis, data dikumpulkan dari 1.000 dokumen terindeks Google Scholar antara tahun 2020 hingga 2025, kemudian dianalisis menggunakan bantuan perangkat lunak seperti Publish or Perish, Dimension.ai, dan VOSviewer. Hasil kajian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri, baik yang terbimbing, berbasis laboratorium, maupun terintegrasi dengan media konkret dan teknologi digital, secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan sikap ilmiah peserta didik. Visualisasi bibliometrik menunjukkan bahwa topik ini menjadi tren utama dalam publikasi ilmiah, dengan distribusi dominan pada artikel jurnal. Penelitian ini juga menemukan bahwa integrasi aspek sosial, budaya, dan nilai spiritual dalam pendekatan inkuiri memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter ilmiah siswa. Meskipun demikian, masih terdapat ruang eksplorasi lebih lanjut pada tema-tema seperti mobile learning dan kerangka kerja inkuiri yang belum banyak diteliti. Dengan demikian, inquiry learning tidak hanya relevan dalam membangun fondasi ilmiah peserta didik, tetapi juga menjadi pendekatan strategis yang adaptif terhadap kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Implikasi dari kajian ini mengarah pada pentingnya implementasi model pembelajaran inkuiri secara luas di berbagai jenjang pendidikan.