Model Pembelajaran Kontekstual dan Ilmu Pengetahuan Alam: Analisis Bibliometrik Tren dan Lanskap Penelitian dalam Pendidikan
DOI:
10.29303/cnsej.v3i2.1079Published:
2025-06-30Issue:
Vol. 3 No. 2 (2025): JuniKeywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Analisis Bibliometrik, VOSviewer, TTren Penelitian PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Natural Science dalam dunia pendidikan melalui pendekatan bibliometrik. Metode penelitian bersifat deskriptif dan analitis, dengan data yang diperoleh dari dokumen terindeks Google Scholar dari tahun 2002 hingga 2025 menggunakan Publish or Perish dan Dimension.ai. Prosedur penelitian mengikuti pedoman PRISMA, dan data dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer. Temuan utama menunjukkan lonjakan signifikan dalam publikasi terkait CTL dan IPA pasca-2017, mengindikasikan peningkatan minat dan relevansi bidang ini. Kategori penelitian didominasi oleh bidang pendidikan dan ilmu sosial, dengan "Pendidikan" menjadi yang paling menonjol, sementara "Psikologi" menunjukkan dampak sitasi yang tinggi. Kluster konseptual inti berkisar pada "pendidikan sains" dan "pembelajaran," dengan munculnya tema-tema baru seperti "pembelajaran seluler," "STEM," dan "keberlanjutan," yang mencerminkan adaptasi penelitian terhadap inovasi teknologi dan tantangan global. Analisis juga mengidentifikasi penulis dan institusi berpengaruh, menyoroti perbedaan antara produktivitas dan dampak penelitian. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi perlunya dukungan kebijakan, pengembangan profesional guru yang terarah, dan kolaborasi lintas disiplin untuk mengoptimalkan implementasi CTL dalam pendidikan IPA demi membentuk siswa yang adaptif dan literat secara ilmiah.