Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNRAM

Authors

Aris Doyan , Susilawati Susilawati , Muhammad Zuhdi , Muhammad Taufik , I Wayan Gunada , Hisbulloh Als Mustofa

DOI:

10.29303/ujcs.v2i4.126

Published:

2021-11-09

Issue:

Vol. 2 No. 4 (2021): December

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Pengenalan Lingkungan Persekolahan, VN editor, Filmora X

Articles

Downloads

How to Cite

Doyan, A., Susilawati, S., Zuhdi, M., Taufik, M., Gunada, I. W., & Mustofa, H. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNRAM. Unram Journal of Community Service, 2(4), 89–94. https://doi.org/10.29303/ujcs.v2i4.126

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika telah dilakukan secara daring. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa calon guru pendidikan fisika dalam pembuatan video pembelajaran sebagai luaran dari kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Kemajuan perkembangan teknologi memicu dunia pendidikan untuk terus pula berkembang. Keberadaan media sebagai penunjang pembelajaran juga menjawab kebutuhan zaman. Melalui program Pengenalan Lingkungan Persekolahan mahasiswa calon guru dituntut untuk dapat mampu memahami kegiatan pembelajaran secara langsung di sekolah. Agar dapat menyelesaikan program PLP mahasiswa harus membuat luaran video pembelajaran sehingga perlu diadakan pelatihan membuat video pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tutorial penggunaan hardware dan software editing berbasis smartphone dan PC yaitu VN editor dan Filmora x. Luaran yang diharapkan adalah mahasiswa pendidikan fisika dapat memahami dan membuat video pembelajaran menggunakan software tersebut. Setelah kegiatan ini, mahasiswa diharapkan memperoleh wawasan dan keterampilan dalam pembuatan video pembelajaran untuk membuat luaran kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP).

References

Usman, A.A. & Ma’ruf. (2019). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Program Praktek Lapangan Mahasiswa Pendidikan Fisika Stkip Kie Raha Ternate. JPF. 1(2), 109-120.

Yunita, E. & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha dan Energi. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika. 10(1), 21-31.

Gunawan, Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 9-14.

Nurwahidah, C.D., Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan. 17(1), 118-127

Gusmania, Y. & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS. 7(1), 61 – 67.

Prastiti, T.D et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Youtube Bagi Guru- Guru Sd Di Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka. 19 Oktober

Fernando, A., Sarkity, D., & Putri, A. N. (2021) Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio untuk Guru SMAN 1 Bintan Timur. Jurnal Anugerah. 3(1), 1-14

Author Biographies

Aris Doyan, SCOPUS ID : 37461206900, Departement of Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

https://scholar.google.co.id/citations?user=b2VHQbIAAAAJ&hl=id
SCOPUS ID : 37461206900, Universitas Mataram, Magister of Science Education Program, Indonesia

SCOPUS ID : 3746120690 SINTA

Susilawati Susilawati, University of Mataram

Muhammad Zuhdi, University of Mataram

Muhammad Taufik, University of Mataram

I Wayan Gunada, University of Mataram

Hisbulloh Als Mustofa, University of Mataram

License

You are free to:

  • Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
  • Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.

The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.

Under the following terms:

  • Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
  • No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

Notices:

You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.

No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.