Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNRAM
DOI:
10.29303/ujcs.v2i4.126Published:
2021-11-09Issue:
Vol. 2 No. 4 (2021): DecemberKeywords:
Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Pengenalan Lingkungan Persekolahan, VN editor, Filmora XArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika telah dilakukan secara daring. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa calon guru pendidikan fisika dalam pembuatan video pembelajaran sebagai luaran dari kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Kemajuan perkembangan teknologi memicu dunia pendidikan untuk terus pula berkembang. Keberadaan media sebagai penunjang pembelajaran juga menjawab kebutuhan zaman. Melalui program Pengenalan Lingkungan Persekolahan mahasiswa calon guru dituntut untuk dapat mampu memahami kegiatan pembelajaran secara langsung di sekolah. Agar dapat menyelesaikan program PLP mahasiswa harus membuat luaran video pembelajaran sehingga perlu diadakan pelatihan membuat video pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tutorial penggunaan hardware dan software editing berbasis smartphone dan PC yaitu VN editor dan Filmora x. Luaran yang diharapkan adalah mahasiswa pendidikan fisika dapat memahami dan membuat video pembelajaran menggunakan software tersebut. Setelah kegiatan ini, mahasiswa diharapkan memperoleh wawasan dan keterampilan dalam pembuatan video pembelajaran untuk membuat luaran kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP).References
Usman, A.A. & Ma’ruf. (2019). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Program Praktek Lapangan Mahasiswa Pendidikan Fisika Stkip Kie Raha Ternate. JPF. 1(2), 109-120.
Yunita, E. & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube Pada Materi Usaha dan Energi. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika. 10(1), 21-31.
Gunawan, Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 9-14.
Nurwahidah, C.D., Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan. 17(1), 118-127
Gusmania, Y. & Wulandari, T. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS. 7(1), 61 – 67.
Prastiti, T.D et al. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Youtube Bagi Guru- Guru Sd Di Kabupaten Sidoarjo. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka. 19 Oktober
Fernando, A., Sarkity, D., & Putri, A. N. (2021) Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcaster Software (OBS) Studio untuk Guru SMAN 1 Bintan Timur. Jurnal Anugerah. 3(1), 1-14
Author Biographies
Aris Doyan, SCOPUS ID : 37461206900, Departement of Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram
SCOPUS ID : 37461206900, Universitas Mataram, Magister of Science Education Program, Indonesia
Susilawati Susilawati, University of Mataram
Muhammad Zuhdi, University of Mataram
Muhammad Taufik, University of Mataram
I Wayan Gunada, University of Mataram
Hisbulloh Als Mustofa, University of Mataram
License
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.