Analisis Hubungan Antara Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Authors

Afriza Kazwani Revikasya , Nurnabilah Nurnabilah , Muh. Faujian , Joni Rokhmat

DOI:

10.29303/cnsej.v2i1.529

Published:

2024-03-30

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2024): Maret

Keywords:

Minat belajar; Motivasi belajar; Prestasi Belajar siswa

Articles

Downloads

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Langgudu. Sampel yang digunakan adalah 20 siswa yang di peroleh dengan pengisian kuisioner. Pengumpulan data dengan kuesioner (angket) untuk mengukur minat dan motivasi belajar, sedangkan prestasi belajar siswa diperoleh dari presentase minat dan motivasi belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah survey dengan menggunakan tehnik analisis korelasional, yaitu mencari hubungan dan pengaruh antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Metode ini memberikan gambaran tentang variabel-variabel yang ditemukan, sekaligus menyelidiki hubungan dan pengaruh antara variabel, karena itu metode ini akan mengungkapkan data faktual berdasarkan informasi yang ditemukan. Hipotesisnya, yaitu 1) Mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Langgudu. 2) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 2 Langgudu 3) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 2 Langgudu. Berdasarkan hasil analisis diperoleh motivasi dan minat belajar siswa mempunyai hasil yang signifikan terhadap hasil prestasi belajar siswa, dimana minat dan motivasi belajar yang tinggi akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Author Biographies

Afriza Kazwani Revikasya, Universitas Mataram

Nurnabilah Nurnabilah, Universitas Mataram

Muh. Faujian, Universitas Hamzanwadi

Joni Rokhmat, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.