Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMAN 1 Labuapi

Authors

Nia Rizki Kurniawati , Ria Hanipa , Joni Rokhmat , Maelan Azima

DOI:

10.29303/cnsej.v2i1.527

Published:

2024-03-30

Issue:

Vol. 2 No. 1 (2024): Maret

Keywords:

Berpikir Kreatif, Elastisitas, Hukum Hooke

Articles

Downloads

Abstract

Materi elastisitas dan hukum Hooke merupakan  materi penting untuk pembelajaran fisika  sekolah menengah. Materi ini menggabungkan konsep fisika yang berkaitan dengan sifat elastis suatu benda dan hubungannya dengan gaya yang diterapkan padanya. Kemampuan berpikir kreatif siswa sangat penting dalam menunjang proses pembelajaran terkhususnya dalam pembelajaran fisika materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal tes uraian dalam pembelajaran fisika khususnya materi Elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI SMAN 1 Labuapi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan Analisis deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini berupa hasil persentase masing-masing tingkat kemampuan berpikir kreatif. pengumpulan data melalui observasi dan data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan maslah-masalah fisika materi Elastisitas dan Hukum Hooke siswa kelas XI SMAN 1 Labuapi yang dominan adalah termasuk dalam kategori sedang. Persentase dari karakteristik kemampuan berpikir kreatif yang tertinggi adalah berpikir Fluency dan yang terendah adalah berpikir Luwes.

Author Biographies

Nia Rizki Kurniawati, Universitas Mataram

Ria Hanipa, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, Universitas Mataram

Maelan Azima, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Contextual Natural Science Education Journal

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.