https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik/issue/feed Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual 2024-05-31T00:00:00+08:00 Open Journal Systems <p><span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0"><strong>Not Accredited SINTA, </strong></span></span><strong><a href="https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik" rel="bookmark">Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual </a></strong>merupakan salah satu jurnal Program Studi Doktor Pendidikan IPA, <a href="https://unram.ac.id/">Universitas Mataram</a>. Jurnal ini diterbitkan oleh Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual diterbitkan empat kali dalam setahun (Periode <strong>Februari, Mei, Agustus &amp; November</strong>)</p> https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik/article/view/626 Pembuatan Telur Asin Sebagai Bekal Kewirausahaan Pada Siswa Madrasah Aliyah NW Praida Kroya 2024-05-27T16:12:53+08:00 Muhammad Sanusi Sanusi sanusimuhammad171@gmail.com Titik Husnawati Amini sanusimuhammad171@gmail.com Muhamad Akrom akromyoums43@gmail.com Zihab Zihab yap.ganteng@gmail.com Muh Ariadi Muslin ariadimuslim6@gmail.com <p>The aim of this activity is to improve the skills of Class X, XI, and XII students of Madrasah Aliyah NW Praida Kroya. The method is done by providing training and guidance on making various salted eggs. The activity was carried out on April 1, 2024 at Madrasah Aliyah NW Praida Kroya with 33 students participating. The results of the activity showed that participants were able to make salted eggs according to the planned program. The conclusions obtained from this activity are that it can increase knowledge for students of Madrasah Aliyah NW Praida Kroya class about various processed salted eggs that can be made and crafted by themselves. In addition, it can increase knowledge of how to make good salted eggs, and also increase the confidence of training Participants</p> 2024-06-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik/article/view/612 Pelatian Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Sains Sederhana Bagi Guru PAUD di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara 2024-05-27T16:13:36+08:00 TUTI ALAWIYAH tutimochtar1213@gmail.com Eka Pamuji Rahayu tutimochtar1213@gmail.com Muhamad Akrom akromyoums43@gmail.com <p>Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa secara luas untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi materi yang dipelajarai, disamping itu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengektualisasikan kemampuannya melalui kegiatan pembelajaran yang telah dirancang oleh guru, pengembangan yang tepat dengan media yang sesuai akan mampu membuat pemahaman anak lebih berkembang. Pemberian Alat permainan edukatif&nbsp; adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengembangkan sains anak. Karena sejatinya Integrasi sains dalam permainan edukatif sangat menunjang guna membekali siswa PAUD dalam memiliki literasi sains sejak dini. Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang APE dan sains Dasar, meningkatkan kreatifitas dan keterampilan guru dalam membuat APE berbasis sains serta mampu menerapkan dalam pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah Participatory Action Research (PAR) berupa: 1) metode ceramah dan workshop untuk memberikan gambaran materi APE berbasis sains yang telah disiapkan tim PkM; 2) metode latihan berupa pemilihan alat dan bahan serta merangkai menjadi APE; dan 3) metode mentoring ketika guru pada saat menerapkan APE berbasis sains dalam pembelajaran di sekolah. Hasil dari PkM ini, guru PAUD mampu membuat APE berbais sains serta mampu mengimplementasikan dalam permainan dan pembelajaran.</p> 2024-06-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik/article/view/586 Pelatihan Metode Pembelajaran Sains Untuk Satuan Pendidikan 2024-05-27T16:12:08+08:00 MA Muazar Habibi muazar.habibi@unram.ac.id <p><strong>Abstract:</strong> This science competency development program is an initiative aimed at the community, with a focus on enhancing science literacy understanding among early childhood education (ECE) educators. This activity was prompted by the insufficient level of science literacy among ECE teachers. It employed an interactive methodology that included discussions, question-and-answer sessions, as well as direct practices and simulations of science activities, conducted at the Lenterahati Islamic Boarding School in West Lombok, NTB. The program's participants included a manager and three educators as partners. Before commencing the training sessions, a needs analysis was conducted to determine the materials and training models to be tailored to the needs and capacities of the partners. The results of this program indicated a positive response from the participants towards the implementation of science learning methods, as evidenced by their active involvement in asking questions and discussing challenges faced during the learning process. From this activity, there was an improvement in the knowledge and skills of teachers in understanding and applying concepts and practices of science learning in early childhood education settings</p> 2024-06-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik/article/view/625 Pembibitan dan Pemanfaatan Daluman (Cyclea Barbata Miers) Sebagai Alternatif Minuman Sehat di Dusun Karang Anyar Timuk Desa Mamben Lauk 2024-05-27T16:13:14+08:00 sabahiyah sabahiyah sabahiyah79@gmail.com Sri Wahyuni wahyusyaffani@gmail.com Muhammad Hafizin yosblack7@gmail.com Ihwan Ihwan iwanw1617@gmail.com Muhamad Akrom akromyoums43@gmail.com <p>Daluman <em>(Cylea Barbata Miers)</em> merupakan tanaman yang sudah banyak menyebar di berbagai tempat di Indonesia. Daun daluman dapat dijadikan bahan baku untuk membuat alternatif minuman sehat karena kandungannya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat untuk memanfaatkan daun daluman sebagai alternatif minuman sehat. Peserta pelatihan merupakan warga di dusun Karang Anyar Timuk yang berjumlah 18 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini terdiri dari tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa setelah kegiatan peserta dapat menjelasakan manfaat daluman bagi kesehatan serta memiliki keterampilan mengolah daun daluman menjadi es cincau daluman dengan tiga varian rasa. Peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karena selain sehat es cincau daluman juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha.</p> 2024-06-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual https://jurnalpasca.unram.ac.id/index.php/jppik/article/view/601 Sosialisasi Pentingnya Pengembangan Nilai Karakter dan Literasi Kearifan Lokal untuk Siswa SMPN 1 Gerung 2024-05-27T16:11:35+08:00 Joni Rokhmat joni.fkip@unram.ac.id Aliefman Hakim aliefmanhakim27@gmail.com Agus Abhi Purwoko agus_ap@unram.ac.id Huraiza Mahmudah huraizamabd@gmail.com <p>Tujuan pengabdian ini adalah mengkaji, mengidentifikasi, dan mengelompokkan berbagai nilai karakter positif anak, serta kearifan lokal Lombok. Target khusus adalah bahwa akhir pengabdian ini ditargetkan telah disosialisasilan nilai-nilai karakter positif dan kearifan lokal Lombok untuk prevensi potensi terjadinya kenakalan anak, perundungan, serta penanaman literasi pelestarian lingkungan sekitar sekolah dan sekitar tempat tinggal bagi Siswa SMPN 1 Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Metode pencapaian target adalah pada awal &nbsp;pengabdian, dilakukan peninjauan dokumen karakter positif, kearifan lokal, dan berbagai potensi kenakalan anak dan upaya pelestarian lingkungan. Selanjutnya, dilakukan identifikasi rekomendasi-rekomendasi penanaman nilai karakter dan kearifan lokal esensial. Tahap akhir dari pengabdian ini, tertanam berbagai nilai karakter positif dan kearifan lokal, serta kesadaran larangan kegiatan-kegiatan negatif, seperti perkelahian, perundungan, dan pengrusakan lingkungan alam sekitar.</p> 2024-06-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual