Implementasi Model EICCoIE Dalam Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP – Universitas Mataram

Authors

Eni Suyantri , Baiq Sri Handayani , Tri Ayu Lestari

DOI:

10.29303/jppik.v1i1.559

Published:

2024-01-09

Issue:

Vol. 1 No. 1 (2023): November

Keywords:

kewirausahaan mahasiswa, entrepreneurship, pelatihan kewirausahaan, pendampingan kewirausahaan

Articles

Downloads

How to Cite

Suyantri, E. ., Sri Handayani, B. ., & Ayu Lestari, T. . (2024). Implementasi Model EICCoIE Dalam Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP – Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA Kontekstual, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.29303/jppik.v1i1.559

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kegiatan kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram. Model pelatihan yang digunakan adalah EICCoIE yaitu exploration, identification, collaboration, coaching clinic, implementation dan evaluation. Terdapat 8 bidang usaha yang teridentifikasi dari hasil pelatihan yaitu bidang kuliner, kecantikan, fashion, handycraft, jasa, souvenir, transportasi dan alat tulis kantor. Dari 8 ide awal yang teridentifikasi dikelompokkan menjadi 4 kelompok bidang usaha yaitu kuliner, kecantikan, fashion dan jasa. Kolaborasi mahasiswa pada masing-masing bidang diperlukan untuk mengembangkan bidang usaha tersebut dan mengatasi segala permasalahan yang muncul. Coaching clinic dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap pemberian materi dan pendampingan praktek pembuatan produk. Implementasi kegiatan usaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yaitu dengan dibukanya warung mini Kebun Kopi Biologi yang menjual produk hasil pelatihan serta produk mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi lainnya. Berdasarkan hasil evaluasi, keuntungan yang didapatkan tiap bulan yaitu sebesar Rp 1.250.000,00. Disepakati pembagian keuntungan sebesar 30% untuk pengelola usaha, 50% untuk  pemilik produk dan 20% untuk Program Studi Pendidikan Biologi. Keuntungan program studi selanjutnya nantinya akan digunakan untuk pengembangan usaha bagi kelompok mahasiswa usaha berikutnya sehingga kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Author Biographies

Eni Suyantri, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Mataram

Baiq Sri Handayani, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Mataram

Tri Ayu Lestari, Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Mataram