Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kompetensi 6C Siswa Kelas 4 SD Negeri Gugus IV Kecamatan Selaparang
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.988Published:
2025-07-08Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
CIRC, Kompetensi 6C, Pretest Posttest, Quasi EksperimenArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kompetensi 6C siswa kelas 4 SD gugus IV Kecamatan Selaparang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk desain yaitu Quasi Experimental Design tipe pretest posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 34 Mataram sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 14 siswa dan kelas IV SDN 24 Mataram sebagai kelas kontrol yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pretest posttest dan observasi. Data kompetensi 6C dinilai menggunakan lembar observasi. Hasil pengujian sebagai prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan uji prasyarat yang telah dilakukan data tersebut dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varian homogen. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model CIRC terhadap kompetensi 6C siswa dengan nilai Sig. 0,002 (Sig. < 0,05), sehingga Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Hasil observasi menunjukkan peningkatan aspek critical thinking, collaboration, communication, creativity, character, dan citizenship pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, terutama dalam kegiatan diskusi, pemecahan masalah, dan penyampaian ide secara tertulis maupun lisan. Dengan demikian, model pembelajaran CIRC berpengaruh signifikan dan dapat digunakan guru dalam pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kompetensi 6C siswa.
References
Afriadi, F. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Dalam Pendidikan Perguruan Tinggi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 143–157.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Akhyar, M., Remiswal, R., & Khadijah, K. (2024). Pelaksanaan evaluasi P5 dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Instructional Development Journal, 7(2), 362–372.
Darojat, D. J., & Zakirman, Z. (2024). Inovasi Pembelajaran Fluida Dinamis dengan Discovery Learning dan Alat Peraga: Dampak pada Kreativitas dan Pemahaman Siswa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(2), 356–367.
Eni, U. A., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Karambol Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai Media Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 509–514.
Firmansyah, H. (2024). Analisis Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 7832–7842.
Iqbal, D., Rohman, M. F., & Rosikh, F. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Compotition (CIRC) Dalam Pembelajaran Mahārah Qirā’ah di Kelas X MA Tarbiyatul Islam Soko Tuban Tahun 2023/2024. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 2(2), 140–149.
Jariah, A., Gustina, R., Muhardini, S., Habiburrahman, H., Ihsani, B. Y., & Nurmiwati, N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 234–243.
Khoerunnisa, R. A., Fathurrohman, N., & Arifin, Z. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 133–140.
Lusiani, N. W. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Pada Siswa Kelas V SDN 2 Nyuhtebel. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 541–553.
Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41.
Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Guided Discovery dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 53–60.
Miranda, H., & Rosidah, C. T. (2024). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Pada Siswa Sekolah Dasar. INDOPEDIA (Jurnal Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(2), 265–270.
Muamala, K., & Wulandari, R. (2024). Keterampilan kolaborasi komunikasi sains siswa sekolah menengah sebuah studi profil. Jurnal Biologi, 1(4).
MUHIDDIN, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Aspek Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Inpres Tallo Tua Ii Kecamatan Tallo Kota .
Nuryani, N., Utami, N. C. M., & Nurhasanah, N. (2025). Analisis Model Cooperative Integrated Reading Composition dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas 5 SD. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 25–41.
Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109–118.
Rahman, R. N., Sundawa, D., & Ratmaningsih, N. (2025). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Kegiatan Parents Day. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 565–574.
Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Konsep Dasar Ipa Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 1118–1123.
Utami, D. S., & Appulembang, O. D. (2022). Pembentukan Kelompok Belajar untuk Siswa pada Pembelajaran Daring. Sukma: Jurnal Pendidikan, 6(1), 35–60.
Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215–225.
Wijaya, M. S., & Sulistyawati, I. (2024). Penerapan Metode Permainan Monopoli Pancasila dalam Menanamkan Nilai Sila Ke 5 Pancasila pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5389–5395.