Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 2 Narmada
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.978Published:
2025-07-08Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Manajemen Pembelajaran, TIK, Motivasi BelajarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pentingnya optimalisasi manajemen pembelajaran berbasis TIK sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di era digital seperti saat ini. Dalam pendidikan modern, TIK berperan sebagai alat bantu strategis dalam pengelolaan pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal, menarik dan bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentanng optimalisasi manajemen pembelajaran berbasis TIK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 2 Narmada. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan oleh peneliti untuk memperdalam hasil penelitian, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan siswa kelas XI SMAN 2 Narmada. Data penelitian dikumpulkan melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis TIK di SMAN 2 Narmada diimplementasikan melalui penggunaan Learning Management System (LMS), media pembelajaran digital, gamifikasi dengan aplikasi Quizizz, serta video konferensi untuk pembelajaran jarak jauh. Implementasi tersebut berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa baik secara intrinsik, ekstrinsik, sosial, maupun dalam hal pembelajaran mandiri. Faktor pendukung keberhasilan meliputi dukungan kepala sekolah, kompetensi guru, infrastruktur yang memadai, serta model pembelajaran yang menarik. Adapun hambatan yang dihadapi antara lain adalah kompetensi digital yang belum merata, minimnya evaluasi, dan kurangnya pelatihan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis TIK dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan catatan pelaksanaannya dilakukan secara terencana, didukung oleh semua pihak, dan disertai penguatan kapasitas guru serta evaluasi berkelanjutan.
References
Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bates, T. (2015). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Vancouver: Tony Bates Associates Ltd.
Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. Sage Publication
Daryanto & Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Fullan. (2007). The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press.
Fatimah & Kurniawan. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. 23 (2). Hal. 150-165
Glickman, et al. (2014). Supervision And Instructional Leadership: A Development Approach. Boston: Pearson
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Hasil Assessment Nasional. Jakarta: Pusat Assessment Dan Pembelajaran
Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Munir. (2017). Kurikulum Digital. Bandung: Alfabeta
Mohamad Mustari. (2023). Teknologi InformasiDan Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan. Bandung: Gunung Djati Publishing
Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sagala, S. (2010). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Press
Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyanto. (2020). Manajemen Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Administrasi Pendidikan. 27 (1). Hal. 101-110
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Wahyudin, D. (2017). Manajemen Pendidikan dan Pembelajaran Berbasis TIK. Bandung: Pustaka Setia.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.