Manajemen Pembiayaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Keuangan di TK Imam Bukhori Sekotong Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpap.v9i2.977Published:
2025-07-08Issue:
Vol. 9 No. 2 (2025): JULYKeywords:
Manajemen Pembiayaan, TIK, Pengelolaan, EfisiensiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembiayaan berbasis TIK dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan sekolah di TK Imam Bukhori Sekotong Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu kepala skeolah dan operator sekolah TK Imam Bukhori. Tehnik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis Miles dan Huberman yang terdiri dari Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification (penarikan kesimpulan). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pembiayaan berbasis TIK di TK Imam Bukhori mencakup perencanaan keuangan yang matang melalui penyusunan RAPBS dengan aplikasi Microsoft Excel dan e-RKAS, pelaksanaan dan pencatatan transaksi secara digital, serta evaluasi dan monitoring secara real-time yang meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan sekolah. Pemanfaatan TIK mampu mengurangi kesalahan pencatatan, meningkatkan efisiensi waktu kerja hingga 35%, dan memperkuat pengawasan keuangan melalui sistem audit digital. Meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital, komitmen kepala sekolah dan dukungan yayasan telah mendorong keberhasilan transformasi digital dalam manajemen pembiayaan di TK Imam Bukhori Sekotong Lombok Barat.
References
Daryanto & Karim. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media
Harmono. (2014). Manajemen Keuangan Berbasis Balance Scorecard Pendekatan Teori, Kasus Dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Survei Digitalisasi PAUD. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD
Mc Cannon.B.C. (2014). Finance Education And Social Preferences: Experimental Evidence. Jurnal Of Behavior And Experimental Finance. 4. 57-62
Moleong, Lexy. J.(2008). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Murhada. ( 2011). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Mulyasa. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi Dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz media
Nasution. (2018). Transparansi Keuangan Sekolah Berbasis TIK. Jurnal Admnistrasi Pendidikan. 5 (2). 65-72
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Suryabroto. (2004). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sutaryo. (2015). Strategi Pengelolaan Keuangan Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sutisna. (2019). Pemanfaatan TIK dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan. 26 (2). 134-146.
Sutomo. (2011). Manajemen Madrasah. Semarang: UPT Unnes Press
Sutopo. (2020). Manajemen Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yuwono & Setiawan. (2022). Digitalisasi Manajemen Keuangan Sekolah Dasar Untuk Efisiensi Pengelolaan Dana Bos. Jurnal TeknologiPendidikan. 10 (2). 123-136