Peningkatan Kompetensi Profesional Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SDN 3 Batu Mekar

Authors

Beni Saputra , Dadi Setiadi , Muhammad Makki

DOI:

10.29303/jpap.v9i1.886

Published:

2025-01-31

Issue:

Vol. 9 No. 1 (2025): JANUARI 2025

Keywords:

Kompetensi Profesional, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Articles

Downloads

How to Cite

Beni Saputra, Dadi Setiadi, & Muhammad Makki. (2025). Peningkatan Kompetensi Profesional Melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SDN 3 Batu Mekar. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 9(1), 49–53. https://doi.org/10.29303/jpap.v9i1.886

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan profesinya seorang guru harus membekali diri dan terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki terutama kompetensi professional yang bisa dilakukan dengan mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan kompetensi profesional dengan mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru di SDN 3 Batu Mekar. Metode yang digunakan pada penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data reduksi, display, kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan kredibiltas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan kompetensi profesional melalui PKB dilakukan dengan diskusi dengan sesama guru di sekolah, mengikuti kegiatan kelompok kerja guru (KKG), supervisi, dan penilaian kinerja guru (KKG).  Adapun tindakan-tindakan yang dilakukan di KKG yang mengacu pada indikator kompetensi professional, hasil supervise, dan penilaian kinerja guru telah mencapai nila rata-rata atau sangat baik.

References

Andriani, A., Hidayati, A. N., Abdullah, F., Rosmala, D., & Supriyono, Y. (2022). Menulis sebagai refleksi pengembangan diri dan profesionalisme guru. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(4), 692-698.https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.11961

Darmiatun, S. & Nurhafizah. 2019. “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru TK Melalui Program Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Dharmasraya”. Jurnal Pendidikan Tambusai. 1(2), 704-714. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.271

Haryati, S., Sukarno, S., & Siswanto, S. (2021). Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 18-23. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p18-23

Maghfiroh, S., & Eliza, D. . (2021). Mengenal Standar dan Etika Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2707–2711. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1285

Moleong, L. J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, N. (2019). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU PADA MTsN 1 SERANG MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87–96. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826

Murdiyanto, E. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M). Yogyakarta: Universitas Pembanguna

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahardjo, M. 2017. Studi Kasus Dalam penelitian kualitatif, Konsep dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ramdani, A., Muhaimi, L., Rokhmat, J., & Baehaqi, B. (2020). Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.357

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alpabeta.

Uno, H. B., Lamatenggon N. dan Solong, N. P. 2014. Teori Variabel guru dan Pengukurannya. Sultan Amai Press.

Wahyudi, A., Alaslan, A., Yunesti, D., Haris, H., Usmaedi, U., Switri, E., ... & Husna, A. (2022). Analisis Problematika Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1663-1671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8429

Zulkarnain, Z., Wildan, W., & Setiadi, D. (2017). HUBUNGAN ANTARA IKLIM KERJA DANKOMPETENSI GURU DENGAN KINERJA GURU SMK DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2016. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.29303/jipp.v2i2.65

Author Biographies

Beni Saputra, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram.

Dadi Setiadi, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Muhammad Makki, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.