Penerapan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Demangan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara
DOI:
10.29303/jpap.v9i1.823Published:
2025-01-31Issue:
Vol. 9 No. 1 (2025): JANUARI 2025Keywords:
Administrasi Pendidikan, Pembelajaran, Sekolah DasarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Administrasi pendidikan, sebagai penentu efisiensi dan efektivitas sistem pendidikan, memiliki peran krusial dalam memastikan pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan manajemen kepala sekolah sebagai subjek melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, data dianalisis secara kualitatif dengan merujuk pada teori Miles dan Huberman. Penelitian ini di SDN Demangan, Jepara, mengeksplorasi implementasi administrasi pendidikan terutama dalam aspek kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana-prasarana, dan peserta didik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam konteks kurikulum, manajemen administrasi di tingkat sekolah dan kelas memainkan peran kunci dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendidik dan tenaga kependidikan memiliki peran berbeda, tetapi keduanya berkontribusi pada kelancaran operasional dan pengembangan peserta didik. Di sisi sarana-prasarana, kendala terutama terlihat pada kondisi fisik bangunan dan kekurangan fasilitas. Administrasi peserta didik mencakup penerimaan, pembinaan, dan evaluasi yang bertujuan mencapai kualitas pembelajaran yang optimal.
References
Ika, & Ilmiah, B. (2021). Peran Guru dalam Administrasi Pendidikan. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 71–83.
Jahari, J., Khoiruddin, H., & Nurjanah, H. (2018). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(2), 170–180.
Kusuma Nurhadi, Ma’arif Ahmad Choirul, Yani Yuli, Agustina Hesti, Sholihannisa Lulu Ulfa, Alwi Muhammad, Putra Al Ahadid wahyu, Arribathi Abdul Hamid, Dumiyati, Susiloningtyas Riyanti, Suyitno Margiyono, Jahring, & Efendi Stefen. (2023). Transformasi Administrasi Pendidikan (Purnomo Andri Cahyo (ed.)). PT Sada Kurnia Putra.
Lestari, Y. T. (2015). Implementasi Administrasi Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(2), 282–293.
Malau, T. F., Harianja, K. N., Simarmata, Y., & Turnip, H. (2022). Pentingnya Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. Dewantar: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 187–195.
Mayudho, I. (2022). Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(2), 171–182. https://doi.org/10.17509/jap.v29i2.46809
Purwanto. (2017). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Rifa’i Muhammad, Ananda Rusydi, & Syahputra Muhammad Rizki. (2023). Administrasi Pendidikan dalam Perspektif Islam dan Sains (Amiruddin (ed.); Pertama). UMSU Press.
Satrio, Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidikdan Tenaga Kependidikandalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101.
Suarga, S. (2019). Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8(1), 327–338. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7844
Umam, K., Mujahidin, E., & ... (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam Manajemen Pengembangan Budaya Islami di SMA Pesat Kota Bogor. Mudir: Jurnal Manajemen …, 5(1).
Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 13–22.