Hubungan Keterampilan Manajerial dan Advokasi terhadap Efektifitas Kerja di Lingkungan Sekolah

Authors

Amri Frihatin , Khaerudin , Nurhidayatul Millah , Sipa’urrahmah , Rizka Humaida Juliantana

DOI:

10.29303/jpap.v9i1.806

Published:

2025-01-31

Issue:

Vol. 9 No. 1 (2025): JANUARI 2025

Keywords:

Keterampilan Manajerial, Advokasi, Efektivitas Kerja

Articles

Downloads

How to Cite

Amri Frihatin, Khaerudin, K., Nurhidayatul Millah, Sipa’urrahmah, & Rizka Humaida Juliantana. (2025). Hubungan Keterampilan Manajerial dan Advokasi terhadap Efektifitas Kerja di Lingkungan Sekolah . JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 9(1), 29–33. https://doi.org/10.29303/jpap.v9i1.806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan keterampilan manajerial dan advokasi terhadap efektivitas kerja di lingkungan sekolah. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan desain survei, data dikumpulkan dari guru dan staf administrasi di beberapa sekolah menengah di Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manajerial dan advokasi memiliki hubungan positif yang signifikan dengan efektivitas kerja. Responden menunjukkan pemahaman yang baik tentang struktur organisasi dan proses pengambilan keputusan, yang berkontribusi pada kolaborasi yang efektif dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, keterampilan komunikasi dan kemampuan untuk mengelola perbedaan diakui sebagai faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang produktif. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengembangan program pelatihan yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan manajerial dan advokasi di sekolah.

References

Epstein, JL (2011). Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Komunitas: Mempersiapkan Pendidik dan Meningkatkan Sekolah. Pers Westview.

Friedman, Marilyn M, Bowden, Vicky R, J. (2019). Family Nursing, Research, Theory & Practice.

Hargreaves, Patel B, KM. Coronavirus Disease 19 (COVID-19): Implications for Clinical Dental Care. J Endod [Internet]. 2020;46(5):584– 95. DOI: https://doi.org/10.1016/j.joen.2020.03.008

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2005). Tinjauan Penelitian Kepemimpinan Sekolah Transformasional 1996–2005. Kepemimpinan dan Kebijakan di Sekolah , 4(3), 177-199.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Pearce & Robinson (2018), Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi 10 (terjemahan), Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Smith, S (2021) Can Relational Feed-Forward Enhance Students’ Cognitive and Affective Responses to Assessment? Teaching and Learning Inquiry: The ISSOTL Journal. ISSN 2167-4787 DOI: https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.9.2.18.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Author Biographies

Amri Frihatin, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Khaerudin, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Nurhidayatul Millah, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Sipa’urrahmah, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Rizka Humaida Juliantana, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.