Hubungan Keterampilan Manajerial dan Advokasi terhadap Efektifitas Kerja di Lingkungan Sekolah
DOI:
10.29303/jpap.v9i1.806Published:
2025-01-31Issue:
Vol. 9 No. 1 (2025): JANUARI 2025Keywords:
Keterampilan Manajerial, Advokasi, Efektivitas KerjaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan keterampilan manajerial dan advokasi terhadap efektivitas kerja di lingkungan sekolah. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan desain survei, data dikumpulkan dari guru dan staf administrasi di beberapa sekolah menengah di Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan manajerial dan advokasi memiliki hubungan positif yang signifikan dengan efektivitas kerja. Responden menunjukkan pemahaman yang baik tentang struktur organisasi dan proses pengambilan keputusan, yang berkontribusi pada kolaborasi yang efektif dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, keterampilan komunikasi dan kemampuan untuk mengelola perbedaan diakui sebagai faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang produktif. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pengembangan program pelatihan yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan manajerial dan advokasi di sekolah.
References
Epstein, JL (2011). Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Komunitas: Mempersiapkan Pendidik dan Meningkatkan Sekolah. Pers Westview.
Friedman, Marilyn M, Bowden, Vicky R, J. (2019). Family Nursing, Research, Theory & Practice.
Hargreaves, Patel B, KM. Coronavirus Disease 19 (COVID-19): Implications for Clinical Dental Care. J Endod [Internet]. 2020;46(5):584– 95. DOI: https://doi.org/10.1016/j.joen.2020.03.008
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2005). Tinjauan Penelitian Kepemimpinan Sekolah Transformasional 1996–2005. Kepemimpinan dan Kebijakan di Sekolah , 4(3), 177-199.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.
Pearce & Robinson (2018), Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Edisi 10 (terjemahan), Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Smith, S (2021) Can Relational Feed-Forward Enhance Students’ Cognitive and Affective Responses to Assessment? Teaching and Learning Inquiry: The ISSOTL Journal. ISSN 2167-4787 DOI: https://doi.org/10.20343/teachlearninqu.9.2.18.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta