Implementasi Pemetaan dan Perencanaan Mutu pada Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMA NW Kopang
DOI:
10.29303/jpap.v9i1.797Published:
2025-01-31Issue:
Vol. 9 No. 1 (2025): JANUARI 2025Keywords:
Pemetaan, Perencanaan, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pemetaan mutu dan perencanaan mutu pada Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMA NW Kopang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut. 1) Pemetaan mutu belum sepenuhnya sesuai Panduan SPMI dan belum mencakup keseluruhan standar pendidikan; (2) Penyusunan program mutu diprioritaskan pada peningkatan kompetensi paedagogik dan kompetensi professional guru melalui workshop di sekolah, penambahan jaringan internet, menambah sarana belajar (LCD), dan mengusahaan tambahan insentif bagi guru yang belum bersertifikat. Program peningkatan mutu tersebut dimasukkan dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS). Dari hasil dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa SMA NW Kopang telah melaksanakan SPMI meskipun masih banyak kekurangan. Hal tersebut karena keterbatasan sumber daya sekolah dan kompetensi GTK untuk melaksanaan kelima langkah SPMI yang masih kurang memadai.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif “Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi”. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). “Sistem Penjaminan Mutu Internalsekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan”. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130-136. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i32019p130
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedomman Umum Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjen Dikmen.
Dokumen Laporan Rapor Pendidikan SMAS NW Kopang Tahun 2023
Fadli, F., & Hambali, H. (2020). Influence of Principal‟s Leadership, Organizational Culture and Financial Compensation Toward Motivation of Teachers of Sma Penjaskes in Bireuen Aceh Province District. IndOmera, 1(1). https://doi.org/10.55178/idm.v1i1.225.
Istikomah, Dzulfikar SR, Ahmad Bagus HendyK (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah Dasar.”. Jurnal : Procedia of Social Science and Humanities. FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta : Direktorat Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengha Kemendikbud.
Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman, (2007). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.
Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Tyas, Fitri Ning, (2014) "Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS): Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Gresik" . Jurnal : Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3 No. 3, Januari 2014, Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Wahono, Francis. (2016). Kapitalisme Pendidikan: Antara Kompetisi dan Keadilan. Jakarta: Pustaka Pelajar.