Efektivitas Supervisi Akademik dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
DOI:
10.29303/jpap.v9i1.791Published:
2025-01-31Issue:
Vol. 9 No. 1 (2025): JANUARI 2025Keywords:
Supervisi Akademik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kualitas PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan membutuhkan supervisi akademik yang efektif untuk mendukung pengembangan profesional guru. Di era digital, penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam supervisi menjadi pendekatan inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses supervisi. Penelitian ini menganalisis efektifitas implementasi supervisi akademik berbasis TIK di MTsN 3 Grobogan, tantangan yang dihadapi dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran serta keterampilan teknologi guru. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui kuesioner guru, kuesioner Kepala Sekolah, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan TIK secara signifikan efektif dalam meningkatkan kemampuan guru dalam pengajaran. Mayoritas guru mampu mengintegrasikan TIK dengan baik dalam supervisi dan pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan perangkat, akses internet, dan kurangnya pelatihan teknologi. Dukungan kepala sekolah melalui pelatihan tahunan dan pengadaan fasilitas teknologi membantu mengatasi sebagian kendala ini, tetapi pengembangan lebih lanjut masih diperlukan. Kesimpulannya, implementasi supervisi berbasis TIK telah berhasil meningkatkan kualitas supervisi dan pembelajaran, namun keberlanjutan program melalui penguatan fasilitas dan pelatihan tambahan sangat dibutuhkan. Hasil ini memberikan kontribusi penting bagi pengelolaan supervisi berbasis teknologi untuk mendukung pendidikan yang lebih berkualitas.
References
Abbas. (2018). Implementasi Teknik Supervisi Akademik. Didaktika Jurnal Pendidikan, 12, 15-30.
Astuti, R., Sutiah, S., Hidayatulloh, & Nisak, N. M. (2024). Transformation Of Educational Supervision With Digital Technology: Implementation, Opportunities And Challenges. Academic Journal Research, 2(1), 89–106. https://doi.org/10.61796/acjoure.v2i1.122
Fauzi, F., Sudirman, S., & Fahruddin, F. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). (JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 6(1), 10–16. https://doi.org/10.29303/jpap.v6i1.495
Jumadil Haikal Ramadhan, N., Ainur Rosyida, F., Rahman Arfan, O., & Lutfi Alil Muin, M. (2024). Tantangan dan Peluang Penerapan Teknologi dalam Supervisi Pendidikan di Era Digital. JIE : Journal of Islamic Education, 10(2), 226–236. https://doi.org/10.18860
Lamalif, L., Machkour, M., Faris, S., & Mansouri, K. (2024). Toward a new model for the successful implementation of information and communication technologies in education. Frontiers in Education, 9. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1470799
Meyer, A., Hartung-Beck, V., Gronostaj, A., Krüger, S., & Richter, D. (2023). How can principal leadership practices promote teacher collaboration and organizational change? A longitudinal multiple case study of three school improvement initiatives. Journal of Educational Change, 24(3), 425–455. https://doi.org/10.1007/s10833-022-09451-9
Miles, M. B. & H. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.
Nisa, K. (2023). Validasi Instrumen Supervisi Akademik Digital dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Menggunakan Teknologi Digital. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 44–52. https://doi.org/10.21831/jamp.v11i2.64372
Rahman Bintang, A., Hasibuan, R. P., Fadel, M., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Strategi Supervisi Berbasis Teknologi dalam Pendidikan Modern. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(6), 214–227. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i6.1329
Samiya Ma’ayis Mohammad Syahidul Haq. (2022). Implementasi Model Supervisi Akademik Digital (E-Supervisi) Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10, 142.
Sanoto, H. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Supervisi Akademik selama Pandemi COVID-19 di Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu, 5(3), 1169–1174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.858
Sdn, H., Air Tanjung, J., Kawalu, K., & Tasikmalaya, K. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada Pembelajaran Daring. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 3, Issue 3).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tahmasebi, F. (2023). The Digital Divide: A Qualitative Study of Technology Access in Rural Communities. AI and Tech in Behavioral and Social Sciences, 1(2), 33–39. https://doi.org/10.61838/kman.aitech.1.2.6