Strategi Meningkatkan Daya Saing Sekolah Melalui Brand Image

Authors

Lulu Il Muntaz Lulu , Hamidsyukrie , Fahruddin

DOI:

10.29303/jpap.v8i2.638

Published:

2024-07-31

Issue:

Vol. 8 No. 2 (2024): JURNAL PRAKTISI ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Keywords:

Strategi, Daya Saing, Brand Image.

Articles

Downloads

How to Cite

Lulu, L. I. M., Hamidsyukrie, H., & Fahruddin, F. (2024). Strategi Meningkatkan Daya Saing Sekolah Melalui Brand Image. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 8(2), 31–40. https://doi.org/10.29303/jpap.v8i2.638

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi meningkatkan daya saing melalui brand image di SMAN 5 Mataram. Pendekatan yang digunakan yaitu deksriptif kualitatif dengan metode study kasus. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokuemntasi. Prosedur analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yaitu Kreadibiltas dan Transferdibilitas. Hasil penelitian menemukan bahwa Strategi Meningkatkan Daya Saing Melalui Brand Image yang dilakukan kepala sekolah, staf dan guru yang membantu untuk mewujudkannya yaitu dengan (1) Mengenalkan Visi dan Misi Sekolah (2) Menciptakan Citra Positif Sekolah. (3) Penerapan IT Lembaga Pendidikan. Adapun faktor meningkatkan daya saing melalui brand image (1) Guru-guru yang kreatif dan mampu bekerjasama dengan baik. (2) Memiliki hubungan yang harmonis di dalam sekolah maupun diluar sekolah dengan para stakeholder. (3) Sarana dan prasaran yang mendukung pembelajaran. (4) Kerjasama yang baik antara pengurus dan pihak warga sekolah. (5) Letak sekolah yang strategis. (6) Kondisi lingkungan sekitar dan iklim sekolah yang kondusif dan nyaman bagi pembelajaran. Dengan meningkatkan daya saing melalui Brand Image memiliki manfaat yaitu: (1) Memiliki ciri khas sekolah (2) Memberikan identitas sekolah. (3) Menjadi daya tarik Minat Antusias calon peserta didik.

References

Andayani, Y. (2018). Harapan dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10958

Asrin, Ramdani, A., Muhaimi, L., dan Maulyda, M.A. 2022. Principals Leadership Strategy to improve “link and match†quality for vocational education. Jurnal Kependidikan. Vol. 6, (1). DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jk.v6i1.40628

Calam, A., Marhamah, A., & Nazaruddin, I. (2020). Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. AL-IRSYAD: JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING, 10(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/8526

Dardiri, A. (2016). Optimalisasi Kerjasama Praktik Kerja Industri Untuk Meningkatkan Citra Sekolah Dan Daya Saing Lulusan SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 162-168. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7742.

Lailia, F. N. (2017). Hubungan antara Brand Image dan motivasi dengan keputusan peserta didik memilih sekolah di SMA Negeri 1 Sidayu Kabupaten Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/Faradina-Artikel-Skripsi.pdf

Miles, M.B., Hubberman, A.M., and Saldana, J. 2014. Qualitative data analysis. (A Methods Sourcebook). London: SAGE Publications.

Mohamad, R., & Niode, I. Y. 2020. Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 1-14. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/7062.

Nugroho, R., & Mu'iz, E. (2021). Strategi Brand Image Dalam Rekrutment Peserta Didik Baru Di Smk Ma’arif Nu 1 Ajibarang (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto). http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10378

Sutariah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 2(1), 38-47. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/STRING/article/view/1721.

Tofaynudin, J. I. (2023). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Journal on Teacher Education, 4(3), 389-399. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/12406.

Wayan,S.(2022). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022 (Doctoral dissertation, Universitas Mataram). http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33263

Author Biographies

Lulu Il Muntaz Lulu, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram.

Hamidsyukrie, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.

Fahruddin, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.