Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

Baiq Widayung Pundaka Sari , Asrin

DOI:

10.29303/jpap.v8i2.593

Published:

2024-07-31

Issue:

Vol. 8 No. 2 (2024): July

Keywords:

Persepsi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Variabel Jenis Kelamin dan Jenjang Pendidikan

Articles

Downloads

How to Cite

Widayung Pundaka Sari, B., & Asrin, A. (2024). Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 8(2), 27–30. https://doi.org/10.29303/jpap.v8i2.593

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah pada masa pandemi Covid-19 di Yayasan Unwanul Falah Lombok Timur berdasarkan dua jenis variabel yaitu jenis kelamin dan jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan populasi sebanyak 50 guru yang berada di bawah naungan yayasan tersebut dan hasil kuesioner yang kembali dan valid yang diisi melalui online dengan google form adalah 44 sampel. Pemrosesan data menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah pada masa pandemi Covid-19 baik dilihat dari variabel jenis kelamin dengan nilai Sig = 0.334 > 0.05 maupun dari variabel jenjang pendidikan dengan nilai Sig = 0.250 > 0.05.

References

Asbari, Novitasari, Gazali, Silitonga, Pebrina. (2020). Analisis Kesiapan Untuk Berubah Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika. 18 (2), 147-159, DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v17i2

Fanani, Zaenal. 2019. Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dilihat Dari Perbedaan Gender Di Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Kewidyaiswaraan. 4 (2), 182-192, from https://jurnalpjf.lan.go.id

Kaspullah, Purniadi, Imelda. (2020). Pengaru. Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Madrasah, Motivasi Kerja dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kabupaten Sambas. Inspirasi Pendidikan. 9 (2),110- 127from https://idr.uin.antasari.ac.id

Khairuddin. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Ditengah Pandemi Copid-19. Jurnal Pendidikan “Edukasiâ€. 8 (2), 171-183, from https://ejournal.unisi.ac.id

Muiz, Abdul. (2019). Pengaruh Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru (Survei Pada SMK Swasta Jakarta Barat). Research And Development Journal Of Education. 5 (2),113-130, from https://journal.lppmunindra.ac.id

Musfah, Jejen. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Era Pandemi. Seminar Nasional– Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Arah Manajemen Pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. From http://conference.um.ac.id

Novitasari, Dewiana. (2020). Influence Of Readiness For Change In The Manufacturing. Employees: Leadership Practices Analysis In The Pandemic Period Of Covid-19. Jumbo (Jurnal Manajemen, Bisnisdan Organisasi). 4 (1), 175-188, from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JUMBO

Nurranto, Hapsari, &Muzdalifah. (2017). Persepsi Guru Atas Kepemimpinan Sekolah dan Kesejahteraan Sebagai Prediktor Kinerja Guru. Journal Ofapplied Business And Economics. 4 (3), 220-235, from https://journal.lppmuninndra.ac.id

Setiyati, Sri. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22 (2), 200- 207, from https://journal.uny.ac.id

Sudika, I Wayan. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 1 (2), 113-124, from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Sudrajat, Agustin, Kurniati, Karsa. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.5 (1), 508-520, from https://obsesi.or.id

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2016). Analisis Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Persepsi Guru Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 1 (2),196-205, from https://journal.lppmunindra.ad.id

Manik, E., & Bustomi, K. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, Budaya organisasi dan motivasi kerja Terhadap kinerja guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 97-107.

Author Biographies

Baiq Widayung Pundaka Sari, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram.

Asrin, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.