Faktor Penyebab dan Model Manajemen berbasis Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Rintisan (Studi SMK Enterpreneur Al Wasath Narmada)

Authors

Muhammad Fachry , A Hari Witono

DOI:

10.29303/jpap.v8i2.589

Published:

2024-07-31

Issue:

Vol. 8 No. 2 (2024): July

Keywords:

Faktor penyebab, Kepuasan Kerja, Manajemen, Sekolah Rintisan.

Articles

Downloads

How to Cite

Fachry, M., & Witono, A. H. (2024). Faktor Penyebab dan Model Manajemen berbasis Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Rintisan (Studi SMK Enterpreneur Al Wasath Narmada). JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 8(2), 48–52. https://doi.org/10.29303/jpap.v8i2.589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dan model manajemen berbasis kepuasan kerja guru di Sekolah Rintisan (Studi SMK Enterpreneur Al Wasath Narmada). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian kualitatif merupakan strategi ilmiah yang menekankan pencarian makna, konsep, karateristik, gejala, maupun deskripsi tentang suatu fenomena. Hasil dari penelitian ini adalah factor pendorong kepuasan kerja guru adalah gaji atau fasilitas, hubungan antar pribadi yang baik dan lingkungan yang nyaman. Sementara faktor penghambatnya adalah kebijakan instansi yang tidak sesuai harapan dan gagalnya pencapaian kerja. SMK ini menggunakan model manajemen tipe kustodial dan suportif yang mana sekolah menggunakan koperasi sekolah, aktivitas deep talk dan liburan, pertemuan rutin yayasan dan pembelajaran kolaboratif sebagai strategi peningkatan dan penjagaan kepuasan kerja guru.

References

Alshmemri, M., Shahwan-Akl, L., & Maude, P. (2017). Herzberg’s two-factor theory. Life Science Journal, 14(5), 12-16.

Davis and Newstrom.1985.Human Behavior at Work; Organizational Behavior, International Edition, Singapore; Mc Graw Hill Book Company.

Herzberg, F., Mausner, B., & Snyderman, B. B. (1959). The Motivation to Work. John Wiley & Sons.

Maxwell, John. (2014).The 360 Leader.PT. Bhuana Ilmu Populer : Jakarta.

Munandar, Ashar Sunyoto. (2008).Psikologi Industri dan Organisasi.UI-Press: Jakarta.

Noermijati, N. (2020). Aktualisasi Teori Herzberg: Suatu Kajian terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer Operasional (Penelitian di Perusahaan Kecil Rokok Sigaret Kretek Tangan di Wilayah Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen, 6(3), 326-343.

Nurjanah, S., Pebianti, V., & Handaru, A. W. (2020). The influence of transformational leadership, job satisfaction, and organizational commitments on organizational citizenship behavior (OCB) in the inspectorate general of the ministry of education and culture. Cogent Business & Management, 7(1) doi:https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1793521.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi (Edisi 10). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Simanjuntak, B., & Hamali, A. Y. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Bank BNI 1946 (Persero) Tbk. Kantor Cabang Asia Afrika Bandung.

Wijono, Sutarto. (2012).PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI : Dalam Suatu Bidang Gerak Psikologi Sumberdaya Manusia.Kencana Predana Media Group: Jakarta.

Yashak, A., Shak, M. S. Y., Tahir, M. H. M., Shah, D. S. M., & Mohamed, M. F. (2020). Faktor Motivasi Teori Dua Faktor Herzberg dan Tahap Motivasi Guru Pendidikan Islam.: Herzberg Two-Factor Theory's Motivation Factor and the Islamic Studies Teachers Motivation Level. Sains Insani, 5(2), 65-74.

Author Biographies

Muhammad Fachry, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram.

A Hari Witono, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.