Profil Guru Di SDN 46 Ampenan Kota Mataram Dalam Mempersiapkan Pendidikan Masa Depan

Authors

Baiq Vina Handayani vina , Muhammad Makki , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jpap.v8i1.520

Published:

2024-01-31

Issue:

Vol. 8 No. 1 (2024): January

Keywords:

Profil Guru, Kompetensi Profesional Guru, Revolusi Pendidikan 4.0

Articles

Downloads

How to Cite

vina, B. V. H., Makki, M., & Setiadi, D. (2024). Profil Guru Di SDN 46 Ampenan Kota Mataram Dalam Mempersiapkan Pendidikan Masa Depan. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 8(1), 10–15. https://doi.org/10.29303/jpap.v8i1.520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil guru di SDN 46 Ampenan Kota Mataram dalam menyiapkan peserta didik menghadapi pendidikan masa depan. Adapun profil guru yang dibahas mencakup kompetensi profesional guru, motivasi, disiplin dan kinerja guru. Empat hal tersebut menurut Undang-undang merupakan hal-hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru dalam mendukung tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif statistik. Didapatkan hasil bahwa tingkat kompetensi profesional guru mencapai 77%, tingkat motivasi guru mencapai 83%, tingkat kedispilinan guru mencapai 89% dan kinerja guru mencapai 80%. Dari data hasil peneltian tersebut disimpulkan bahwa tingkat profesionalisme guru menunjang pendidikan masa depan yakni terbiasa menggunakan internet dalam mendukung pembelajaran. Motivasi guru dalam menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan semua warga sekolah menjadi contoh yang baik bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi. Kedisplinan guru dalam menyelesaikan target pekerjaan mendukung proses pembelajaran dan kinerja guru menunjukkan bahwa penyusunan pembelajaran telah dilakukan dengan sangat baik dan sesuai dengan perkembangan zaman yakni pembelajaran berpusat pada peserta didik atau “student centre†dengan memperhatikan bakat, minat dan kemampuan peserta didik.

References

Alhamidi, L. A. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Untuk Masa Depan Indonesia. Jurnal Mudira Indure, 3(1), 1-15.

Depdikbud. 1999. Penelitian Tindakan (Action Reseacrh). Jakarta: Depdikbud.

Isjoni. (2016). Paradigma Etnis Melayu Terhadap Pendidikan. Diambil dari https://www.goriau.com/ragam/paradigma-etnis-melayu-terhadap-pendidikan.html

Kamsi, N., Safitri, M., & Roybah, R. (2021). Pendidikan dan Masa Depan: Tingkat Kesadaran Masyarakat Tentang Pendidikan di Kelurahan Rahma. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 75-91.

Puspitaningtyas, I., Imron, A., & Maisyaroh, M. (2020). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatan Pembelajaran Guru di Era Revolusi Industri 4.0. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 165-172.

Sugiyono (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, cv.

Suherman, A., Lawelai, H., Nurtang, N., Salam, N., & Hadmar, A. M. (2022). Pengembangan Kapasitas Mahasiswa Menuju Generasi Unggul di Era 4.0. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74-78.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utomo, S. S. (2019). Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 1(1), 70-83.

Walpole, Ronald E., (1995), Pengantar Statistika, edisi ke-3, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama., Jakarta.

Author Biographies

Baiq Vina Handayani vina, Administrasi Pendidikan Pascasarjana-Universitas Mataram

Muhammad Makki, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Dadi Setiadi, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.