Analisis Evaluasi dan Supervisi Pendidikan Tingkat SMA di Kota Mataram

Authors

Budi Darmawan , Untung Waluyo , Fahruddin , Mohamad Mustari

DOI:

10.29303/jpap.v8i1.519

Published:

2024-01-31

Issue:

Vol. 8 No. 1 (2024): January

Keywords:

Supervisi, Guru, Evaluasi, Kualitatif, Penelitian

Articles

Downloads

How to Cite

Darmawan, B., Waluyo, U., Fahruddin, F., & Mustari, M. (2024). Analisis Evaluasi dan Supervisi Pendidikan Tingkat SMA di Kota Mataram. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 8(1), 5–9. https://doi.org/10.29303/jpap.v8i1.519

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel praktik evaluasi dan supervisi pendidikan merupakan permasalahan yang ada pada jenjang SMA di Kota Mataram. Fokus penelitian dibatasi pada program supervisi pendidikan yang dilakukan pada jenjang SMA di Kota Mataram dan bagaimana cara seorang supervisor pada jenjang SMA di Kota Mataram melakukan proses supervisi pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik penelitian dilakukan dengan studi dokumen, wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan metode semi terstruktur. Sedangkan proses observasi dilakukan dengan metode unobstructive. Proses wawancara dilakukan dengan mengambil random sampel dari guru-guru yang mengajar pada jenjang SMA di Kota Mataram. Observasi dilakukan dengan metode unobstructive, dimana proses observasi yang dilakukan tidak boleh mengganggu jalannya proses belajar mengajar pada jenjang SMA di Kota Mataram. Proses pemeriksaan dokumen dilakukan dalam rangka melihat sejauh mana proses administrasi yang dilakukan dalam kegiatan supervisi pada jenjang SMA di Kota Mataram sesuai dengan hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata memang telah terjadi ketidaksesuaian antara bagaimana proses dan evaluasi supervisi yang harus dilakukan dengan realita yang ada sehingga dibutuhkan perbaikan dalam hal program supervisi pada jenjang SMA di Kota Mataram agar dapat meningkatkan kualitas kinerja guru.

References

Acheson, K. A., & Gall, M. D. (1997). Techniques in the clinical supervision of the teachers: Preservice and inservice applications (4th ed.). White Palins, NY: Longman.

Babbie, Earl. 1990. Survey Research Methods, Second Edition, Wadsworth Publishing Company Belmont, California.

Made Pidarta. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Marzano R. & Michael D. Toth (2013); Teacher Evaluation That Makes A Difference: A New Model For Teacher Growth And Student Achievement.

McGreal, T. (1983). Effective Teacher Evalution. Alexandria, V A: Association For Supervision.

Moleong, Lexy J. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan studi kasus sebagai metode ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136. http://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Author Biographies

Untung Waluyo, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Mohamad Mustari, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.