Pengorganisasian Anggaran Dalam Pengelolaan Dana Operasional Sekolah Pendampingan Di SMKN 2 Kuripan Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpap.v7i2.515Published:
2023-07-31Issue:
Vol. 7 No. 2 (2023)Keywords:
Pengorganisasian, Bantuan Operasional Sekolah, SMKArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengorganisasian anggaran dalam pengelolaan dana operasional Sekolah di SMKN 2 Kuripan Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan deskriptif metode. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa pengorganisasian anggaran dalam pengelolaan dana operasional sekolah pendampingan di SMKN 2 Kuripan dilakukan dengan membentuk tim manajemen yang terdiri dari unsur guru, unsur Tata Usaha dan komite sekolah. Pembentukannya melalui mekanisme yang ada yaitu rapat. Dalam proses ini kepala sekolah menetapkan tim yang sudah ada dan sama dengan tahun sebelumnya. Disamping bendahara dana BOS ada juga bendahara barang yang bertugas mencatat barang modal dan barang jasa yang dilaporkan ke Dinas dan Operator Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang membantu bendahara dalam proses pembuatan laporan online maupun offline. Ada beberapa kendala Timbul kecemburuan di antara personil yang yang tidak dipilih menjadi keanggotaan tim, Kurang mahir sumber daya manusia dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi Microsoft Office dan tidak ada honor untuk bendahara dana BOS
References
Alumudy, W. G. (2018). Analisis Pencatatan Akuntansi Pada Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)(Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Lunyuk). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 3(2).
Gunawan, I. G. H., Sumada, I. M. ., & Suargita, I. N. (2021). Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar No 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung. Widyanata, 18(1), 21–29
Hidayat, R., Burhan, M. R., & Al Ma’ruf, A. M. (2019). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi di SDN 44 Mande Kota Bima). JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(2), 93.
Hidayat, F., & Tolla, I. (2022). Transparansi dan akuntabilitas Penggunaan dana BOS, Vol 3, No.1
Idris, I. (2020). Perencanaan pendidikan dalam konteks desentralisasi pendidikan: Journal of Pedagogy, 3(2).
Kemendikbud. (2021). Permendikbud No.6 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana BOS. Jakarta: Kemendikbud.
Lopulalan, J. E. (2020). Analisis Pengawasan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Di SD YPK Ebenhaezer Limanas Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Jendela Ilmu, 1(1), 23–28
Tamburaka, S., Yusuf, S., Ilyas, M. (2012). Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri Labotoy Kecamatan Kapoiala Kabupaten Konawe. Jurnal Akuntansi dan Keuangan (JAK) Volume 6, No. 1 Februari Tahun 2021 Page: 337 – 351.
Rasminto, H., & Kuncoro, A. A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terpadu Dengan Metode Berorientasi Objek. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.