Manajemen Pelaksanaan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah

Authors

Dwi Murni , Sudirman , untung , Asrin , Fahruddin

DOI:

10.29303/jpap.v7i2.514

Published:

2023-07-31

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2023)

Keywords:

Manajemen, Pelaksanaan, Dana BOS

Articles

Downloads

How to Cite

Murni, D., Sudirman, S., Waluyo, U., Asrin, A., & Fahruddin, F. (2023). Manajemen Pelaksanaan Program Dana Bantuan Operasional Sekolah. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(2), 56–59. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i2.514

Abstract

Pendanaan pendidikan yang terkenal dengan program dana BOS, menuntut sekolah agar dapat membuat rencana, melaksanakan, mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan pengendalian anggaran pendidikan secara jelas kepada pemerintah dan masyarakat.  Sekolah harus membuat  prioritas skala keperluan sekolah yang terpenting dan berdampak langsung kepada siswa dalam kegiatan belajar mengajar berdasarkan petunjuk teknis (juknis) yang ditetapkan pemerintah. Kepala sekolah berperan sebagai penanggung jawab pemanfaatan dana BOS di sekolah mempunyai tugas yang besar untuk mengelola distribusi  pendanaan untuk operasional sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan uji kredibility, transferability, defendability dan konfirmability. Hasil penelitian menemukan bahwa Proses pelaksanaan dilakukan dengan pembelanjaan sesuai perencanaan dan membuat pembukuan keuangan. Kesimpulannya adalah manajemen dana Bantuan Operasional Sekolah dilakukan dengan mengikuti Permendikbud RI Nomor 6 tahun 2021 akan tetapi dalam manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pelaporan belum optimal karena masih menemui berbagai kendala. Rekomendasi dari penelitian ini ke depan dapat berguna bagi sekolah, peneliti dan masyarakat umum.

References

Adisty, D. (2021). Pengaruh Audit Operasional Tehadap Efektivitas Pelaksanaan Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Inspektorat Kota Sukabumi. Jurnal Akuntansi UMMI, 2(1), 49-65.

Amin, M. M., & Chiar, M. (2019). Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Bruder Singkawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10).

Ayu, H. C., Ferdian, T., & Nelvia, R. (2021). Pengaruh partisipasi masyarakat, transparansi pemerintahan dan akuntabilitas publik terhadap efisiensi penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kecamatan Rimbo Ulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 1(1).

Fahmi, U. R. (2017). Manajemen Dana Bantuan Operasional Sekolah pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(6).

Hidayat, R., & Suryono, A. (2014). Implementasi kebijakan penggunaan dana bos dan laporan keuangan BOS. Reformasi, 4(1).

NIM, Y. A. A. (2015). Implementasi Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SD Negeri 27 Kecamatan Pontianak Tenggara. PublikA Jurnal Ilmu Administrasi Negara (e-Journal), 3(4).

Setiawati, S. (2019). Evaluasi Prosedur Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Dalam Menilai Efektifitas Dana Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Auladi Depok. Jurnal Lentera Akuntansi, 4(2), 60-79.

Sudirman, S., Asrin, A., & Rokhmat, J. (2021). Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan. (JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 5(1), 1-5.

Syahbuddin, A. (2020). Manajemen Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah Untuk Menaikkan Mutu Pendidikan (Studi di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Kota Langsa). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(1), 62-69.

Winarsih, S. (2016). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. In International Conference of Moslem Society (pp. 124-135).

Yanti, N. L. T. (2021). Penerapan Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bos Di Smp N 3 Sukawati Dalam Program Rkas. Hita Akuntansi dan Keuangan, 2(3), 139-151.

Yusida, E., & Suib, M. (2013). Pengelolaan Budaya Sekolah Sehat Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sekuduk Kecamatan Sejangkung Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(1).

Author Biographies

Sudirman, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

untung, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Asrin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.