Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat

Authors

Nahar Nahar , joni , sudirman , Asrin , Makki

DOI:

10.29303/jpap.v7i2.513

Published:

2023-07-31

Issue:

Vol. 7 No. 2 (2023)

Keywords:

Pelaksanaan, Supervisi Akademik, Kepala Sekolah

Articles

Downloads

How to Cite

Nahar, N., Rokhmat, J., Sudirman, S., Asrin, A., & Makki, M. (2023). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(2), 49–55. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i2.513

Abstract

Supervisi merupakan kegiatan untuk memberikan bantuan kepada guru mengembangkan kemampuan dan keterampilannya dalam mengelola pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat, (2) mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten Lombok Barat, dan (3) mendeskripsikan tindak lanjut supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMP Negeri 2 Kuripan Kabupaten lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru-guru di SMP Negeri 2 Kuripan. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik individual dan teknik kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah memiliki perencanaan supervisi yang baik yaitu melaksanakan rapat persiapan, membentuk tim, menyusun rencana program supervisi, dan menyusun jadwal supervisi, (2) kepala sekolah melaksanakan supervisi akademik dengan langkah-langkah pra observasi, observasi, dan pasca observasi atau pertemuan balikan, (3) kepala sekolah melakukan tindak lanjut supervisi  akademik memberikan penguatan dan penghargaan kepada guru-guru yang memenuhi standar, memberikan teguran, saran kepada guru-guru yang belum memenuhi standar, dan memberikan kesempatan guru-guru untuk mengikuti pendidikan dan latihan lebih lanjut.

References

Alfonso, R.J., Firth, G.R., and Neville, R.F.,1981. Instructional Supervision: A Behavior System. Boston : Allyn and Bacon, Inc.

Direktorat Pembinaan sekolah Menengah Atas. 2017. Panduan Supervisi Akademik. Jakarta : Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Kemdikbud.

Direktorat Tenaga Kependidikan. 2010. Supervisi Pendidikan. Jakarta : Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemdiknas.

Kemdiknas. 2007. Permendiknas nomor 3 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah

Kemdikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Kemdikbud. 2018. Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai

Masaong, K.,Abd. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung : Alfabeta.

Muliati, Sudirman, Fahrudin 2020. The Effect of Principal Leadership Style of Teachcer Job Performance. Dalam International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. Vol 7. 7 halaman

Nur Aedi. 2014. Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada

Nursapia H. 2020. Penelitian Kualitatif, Medan, Wal ashri Publishing.

Priansa, DJ. dan Setiana, SS. 2018. Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Bandung, CV. Pustaka Setia.

Satori, D. 2016. Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Author Biographies

joni, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

sudirman, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Asrin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Makki, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.