Manajemen Pelayanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah

Authors

Abdurrahman Abdurrahman , wildan , baehaqi , Mansur

DOI:

10.29303/jpap.v7i1.508

Published:

2023-01-31

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2023)

Keywords:

Manajemen, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan

Articles

Downloads

How to Cite

Abdurrahman, A., Wildan, W., Baehaqi, B., & Hakim, M. (2023). Manajemen Pelayanan Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 31–40. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.508

Abstract

Peneliti bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data diambil menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dan temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep manajemen pelayanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Tengah. Yang berfokus pada, 1) Planning (perencanaan), 2) Organizing (pengorganisasian), 3) Actuating (pelaksanaan), 4) controlling (pengawasan). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pelayanan berfokus pada visi misi yang telah direncanakan yaitu “terwujudnya perpustakaan dan arsip daerah yang bermutu (bersih, mandiri, umum, tertib dan utuh)â€. Pelaksanaan manajemen di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Lombok Tengah, mengadakan pembinaan dan monev keseluruh perpustakaan desa, perpustakaan rumah ibadah dan forum literasi yang telah dibentuk oleh komunitas baca masyarakat di kabupaten Lombok Tengah.

References

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Edisi revisi, Rineka Cipta: Bandung.

Dr. Widodo, metodologi penelitian populer dan praktis (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017), hal 74

Hasibuan, Malayu 2011. Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hermawan, Rachman. 2006. Perpustakaan Umum. Jakarta: Sagung Seto.

Komariah, A. (2015). Djam’an Satori. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Matz Adolph, 1992. Cost Accounting Planning dan Control, Edisi Kedelapan. Terjemahan Alfonso Sirait dan Wibowo, Jakarta: Erlangga, 1992, hlm. 5

Ratminto, A. S., & Winarsih, S. (2013). Manajemen Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.

Sutarno NS. (2006) Perpustakaan dan Masyarakat. Ed. Revisi. Jakarta, Sagung Seto.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.

Undang-undang No.25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Author Biographies

wildan, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

baehaqi, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Mansur, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.