Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Memperbaiki Kompetensi Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat

Authors

Suheriyantini Suheriyantini , agil , Asrin , Fahruddin Fahruddin , Mansur

DOI:

10.29303/jpap.v7i1.507

Published:

2023-01-31

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2023)

Keywords:

Kelompok Kerja Guru (KKG), Kompetensi, Kinerja Guru

Articles

Downloads

How to Cite

Suheriyantini, S., Al Idrus, A., Asrin, A., Fahruddin, F., & Hakim, M. (2023). Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Memperbaiki Kompetensi Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 22–30. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam memperbaiki kompetensi dan kinerja guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui data collection, data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabititas. Data yang dideskripsikan melalui penelitian ini yaitu pengelolaan program Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam memperbaiki kompetensi dan kinerja guru Sekolah Dasar (SD) di Gugus IV Kecamatan Narmada. Hasil penelitian menemukan bahwa pengelolaan program kelompok kerja guru (KKG) dalam memperbaiki kompetensi dan kinerja guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat sesuai dengan pedoman dan rambu-rambu KKG.

References

Ali, M. 1996. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Penerbit PT. Algensindo, Bandung.

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2009. Rambu-Rambu Pengembangan Kegiatan KKG. Jakarta: Direktorat Porfesi Pendidik Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Nasional.

Fahruddin, F., & Astini, B. (2018). Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1)

Fahruddin, F., Sudirman, S., Witono, A. H., & Hakim, M. (2019). Pelatihan Penyusunan Penulisan Karya Ilmiah (PTK) di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Bermi Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2).

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tantang Jabatan Fungsional dan Angka Kredit

Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Satori.D & Komariah. A, 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Taniredja, et al. 2017. Guru Yang Profesional. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,

Usman Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Author Biographies

agil, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Asrin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Fahruddin Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Mansur, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.