Pengaruh Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jpap.v7i1.506Published:
2023-01-31Issue:
Vol. 7 No. 1 (2023)Keywords:
Kelompok Kerja Guru (KKG), Kinerja Guru, Sekolah DasarArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Populasi penelitian ini adalah guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah yang berjumlah 101 orang guru dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier untuk mengetahui pengaruh kegiatan kelompok kerja guru terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan KKG berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah sebesar 51,1% dengan p = 0,001. Artinya, semakin meningkat kegiatan KKG, maka kinerja guru akan semakin meningkat.
References
Abdillah, R. (2019). Evaluasi Program Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar Di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Al Rasyid, H. (2015). Fungsi Kelompok Kerja Guru Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 24(2), 143–150.
Dewi, D. (2017). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) Dalam Meningkatkan Profesional Guru Sains Sekolah Dasar Kecamatan Suralaga. Jurnal Educatio, 4(2), 101–107.
Mulyasa. (2013). Implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja.
Gusman, H. E. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Di Smp N Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 293–301.
Hasanah. (2014). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kompetensi Profesional Dan Kelompok Kerja Guru ( Kkg ) Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Gunung Agung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4 (2), 46–57.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Supervisi Akademik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, II(2), 11–21. file:///D:/jurnal skripsi/literasi 2019 (jurnal) (2).pdf
Koestiyati, A. (2020). Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Gugus Wijaya Kusuma Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang (Vol. 2507, Issue February).
Kurnia, D., Syafaruddin, S., & Setyaningsih, R. (2020). Korelasi Keharmonisan Hubungan Sosial antar Guru dengan Kinerja Guru di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Ciencias : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3 (1), 12-30. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/47
Sukirman, S. (2020). Efektivitas Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review. 4 (1), 1–8. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4385
Zulkifli, N. (2018). Analisis Faktor Efisiensi Belajar Mahasiswa. Educhild, 7, 75–81. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5118