Pelaksanaan Pengawasan Akademik Oleh Pengawas Sekolah Dasar Di Kabupaten Lombok Barat
DOI:
10.29303/jpap.v7i1.505Published:
2023-01-31Issue:
Vol. 7 No. 1 (2023)Keywords:
Supervisi, Akademik, PengawasArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pengawasan Akademik oleh pengawas Sekolah Dasar di Kabupten Lombok Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diambil menggunakan teknik triangulasi data yang bersumber dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan langkah-tangkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan venfikasi data. Untuk menguji Keabsahan data dilakukan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan kompirmabilitas. Hasil dan temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Pelaksanaan Pengawasan Akademik oleh pengawas Sekolah Dasar di Kabupten Lombok Barat dengan tiga tahap yaitu: 1) perencanaan; Meliputi penyusunan program dan penyiapan instrumen. 2) Pelaksanaan supervisi; Dalam pelaksanaan supervisi akademik agar dapat berjalan dengan baik dan lancar harus: a) menyusun jadwal pelaksanaan, b) melakukan koordinasi kesepakatan dengan guru, c) melaksanakan supervisi sesuai prosedur, prinsip-prinsip supervisi, pendekatan, teknik dan jadwal, d) menganalaisis hasil supervisi dan e) menyusun laporan. 3) Evaluasi; kegiatan yang dilakukan pengawas dalam rangka penilaian terhadap kemajuan yang dimiliki guru dan untuk menilai kinerja guru atau menilai keberhasilan guru dalam mengajar Sedangkan kendala pelaksanaan kegiatan supervisi Akademik. a) Jumlah pengawas yang tidak sebanding dengan sekolah dan guru binaannya. b) Kurangnya kesiapan guru untuk disupervisi. c) Kurangnya Intensitas supervisi kelas. d) Proses pembelajaran belum sesuai dengan RPP yang dibuat.
References
Asmawati, E. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru. MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1995), 13–25.
Khairuddin, E. (2017). Supervisi akademik, motivation, willingness, commitment dan kinerja guru. Lentera: Jurnal Pendidikan, 12. https://doi.org/10.33654/jpl.v12i1.396
Mulyana. D. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurochmah, A., & Basri, S. (2017). Peranan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Publikasi Pendidikan, 7, 6. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i1.2832
Syaiful Sagala (2010) Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan: Bandung, Alfabeta.
Sugiyono (2020) Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D ( cetakan ke-2).Alfabeta.
Syamsuddin, S. (2018). Peran Komite Sekolah Terhadap Penerapan Kurikulum. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 151–152. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5151
Tasnim, T., Muntari, M., & Sukardi, S. (2021). Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 159–166. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.181
Undang-Undang No.20 tahun 2003 sistem pendidikan Nasional
Waziroh, I. (2019). Pengembangan Kompetensi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 3, 166–172. https://doi.org/10.36835/edukais.2019.3.2.166-172