Pengaruh Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022

Authors

Wayan Subadre , A Wahab , wayan

DOI:

10.29303/jpap.v7i1.504

Published:

2023-01-31

Issue:

Vol. 7 No. 1 (2023)

Keywords:

Sarana prasarana, Teknologi Informasi, Mutu Pendidikan

Articles

Downloads

How to Cite

Subadre, W., Jufri, A. W., & Karta, I. W. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.504

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan perbedaan mutu pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara yang memiliki perbedaan sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 270 orang guru ASN yang tersebar di 16 SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling pada tiap sub populasi dan sampel ditentukan secara random. Sampel pada penelitian ini berjumlah 160 orang guru. Uji hipotesis menggunakan Analisys of Varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sarana prasarana tergolong cukup (69,04%); 2) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tergolong cukup (68,51%); 3) Mutu pendidikan tergolong baik (81,04%); 4) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (p ≤ 0,005); 5) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (p ≤ 0,005); dan 6) Tidak terdapat pengaruh interaksi sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap peningkatan mutu pendidikan (p > 0,005).

References

Ariyani, R. (2021). Penerapan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Merangin. https://doi.org/10.31219/osf.io/m7whg.

Farmonov, U. (2020). Teaching of physics for students of natural direction with innovation technologies. Физико-технологичеÑкого образование, (1), 1-4.

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 1-5.

Kurbonov, G. G., & Istamova, D. K. (2021). The Role of Information Technology in Teaching Geometry in Secondary Schools. Scientific progress, 2(4), 817-822.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186-202.

Mujibah, E. M., & Aliyyah, R. R. (2021). Sarana Prasarana Pendidikan : Studi Kasus Penurunan Mutu Pendidikan di Provinsi Gorontalo. Universitas Djuanda Bogor, 1-13.

Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2020). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 75-87.

Nugroho, M. A. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 30-60.

Nurbawani, A. (2021). Analisis Pengaruh Pemenuhan Standar Proses dan Standar Sarana Prasarana terhadap Mutu Pendidikan pada masa Pandemi Covid-19. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 21(01), 100-129.

Nurhidayah, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Outdoor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Konsepsi, 9(4), 170-178.

Onyema, E. M. (2020). Integration of emerging technologies in teaching and learning process in Nigeria: the challenges. Central Asian Journal of Mathematical Theory and Computer Sciences, 1(1), 35-39.

Saputro, R., & Riswati, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Sarana Prasarana terhadap Mutu Pendidikan di SMPN 1 Omben Kabupaten Sampang. EKONOMIKA45 : Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 90-100.

Shodiq, M., & Maimunah, S. (2021). Pengembangan Manajemen Sarana Prasarana Sekolah terhadap Mutu pendidikan Sekolah Dasar di Sidoarjo. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(2), 137-141.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syed, H. H. (2020). The Role of Information Technology in Improving the Quality of Education. SSRN Electronic Journal. 7, 218-220.

Triyana, I. G. (2017). Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Teknologi Informasi Di Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 119-126.

Author Biographies

A Wahab, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

wayan, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.