Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTB

Authors

Ulpah Ulpah , Sudirman , Asrin , Fahruddin , Mansur

DOI:

10.29303/jpap.v6i2.503

Published:

2022-07-29

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2022)

Keywords:

Pengelolaan, Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator, BPSDM

Articles

Downloads

How to Cite

Ulpah, U., Sudirman, S., Asrin, A., Fahruddin, F., & Hakim, M. (2022). Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTB. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 6(2), 61–72. https://doi.org/10.29303/jpap.v6i2.503

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator di BPSDM Daerah Provinsi NTB. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji credibility, Transferability, Dependability, and confirmability. Hasil penelitian, pertama; Proses perencanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator di BPSDMD Provinsi NTB meliputi; analisis kebutuhan pelatihan, kepesertaan, tenaga pelatihan, fasilitas dan pendanaan. Kedua; Model Pelaksanaan PKA ada dua yaitu on campus dan Off campus. Kegiatan on campus merupakan proses menyampaikan materi pembelajaran oleh Widyaiswara dengan empat agenda kegiatan. Agenda ke-4: Aktualisasi Kepemimpinan merupakan Kegiatan off campus dengan dua jenis kegiatan, yaitu Studi Lapangan Kinerja Organisasi dan Aksi Perubahan Kinerja Organisasi. Ketiga; (1) Evaluasi akhir peserta. (2) Evaluasi widyaiswara (3) Kepuasan peserta terhadap aspek edukatif (4) Kepuasan peserta pelatihan terhadap aspek fasilitas kelas (5) Kepuasan peserta pada aspek hasil belajar.

References

Basri, H., & Rusdiana, A. (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan (Cet.1). CV Pustaka Setia.

Chan, J. F. (2010). Training fundamentals. Pfeiffer.

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Cet. 1). Samudra Biru.

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan dan Pelatihan (Cet. 2). Alfabeta.

Moleong, L. J. (2018). Metologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mujiman, H. (2006). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Pustaka Pelajar.

Pelatihan Kepemimpinan dan Manajerial ASN. (2020, Juni 23). LAN RI. https://lan.go.id/?page_id=2147

Poerwandari, K. (2011). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Prilaku Manusia (Cet. 4). LPSP3 UI.

Ramang, R., Solihin, S., & Asrin, A. (2019). PENGARUH DIKLAT DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEMAMPUAN KERJA KANTOR RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) NUNUKAN KALIMANTAN UTARA. YUME : Journal of Management, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.2568/yum.v2i2.411

Ramayulis, R., & Mulyadi, M. (2017). Manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam (Cet. 1). Kalam Mulia.

Rusman. (2021). Manajamen Kurikulum Pendidikan dan Pelatihan: Kosep, Pengembangan, dan Evaluasi (Cet. 1). Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti, & Gunawan, S. (2020). Perencanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) (Cet. 1). PT Refika Aditama.

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (Cet 1). CV. Nata Karya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Cetakan Ke-2). Alfabeta.

Sulasiah, F., & Hidayati, S. (2021). EVALUASI PASCA PENDIDIKAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT III TERHADAP KINERJA APARATUR DKI JAKARTA. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 18–32. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.480

Utama, A. (2020). Aplikasi Zoom pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i2.1438

Wirawan, S. M. S., & Sembiring, H. R. U. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Daring. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 19–27. https://doi.org/10.21067/jip.v11i1.5057

Yonesi, D. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI AKSI PERUBAHAN ALUMNI PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR PADA PUSDIKLAT TENAGA ADMINISTRASI BADAN LITBANG DAN DIKLAT KEMENTERIAN AGAMA RI. Kompetensi, 6(2), 85–90. https://kompetensi.kemenag.go.id/index.php/journal/article/view/14

Author Biographies

Sudirman, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Asrin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Mansur, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.