Manajemen Program Boarding School Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MTs. Mu’allimin NW Anjani Lombok Timur
DOI:
10.29303/jpap.v6i2.502Published:
2022-07-29Issue:
Vol. 6 No. 2 (2022)Keywords:
Manajemen Boarding School, Karakter ReligiusArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen program Boarding school dalam membentuk karakter religius peserta didik. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kabsahan data menggunakan uji creadibility, Transferbility, Defendability, dan comfirmability. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Proses perencanaan program Boarding school berlangsung dalam bentuk forum musyawarah yang diikuti oleh yayasan, tenaga pendidik, komite madrasah, wali santri, tenaga kependidikan, dan pengurus asrama. (2) Pengorganisasian pada program Boarding school merupakan kegiatan pembagian tugas yang ditentukan secara struktural (3) Pelaksanaan program Boarding school terbagi menjadi beberapa jenis kegiatan; 1) kegiatan religius di lingkungan asrama. 2) kegiatan religius di lingkungan madrsah/sekolah. 3) pembiasaan budaya religius di lingkungan asrama dan lingkungan sekolah. (4) Pengontrolan program Boarding school di MTs Mu’allimin NW Anjani dilakukan dalam bentuk evaluasi kegiatan setiap bulan bersama pengurus program Boarding school. (5) Faktor pendukung; Fasilitas asrama dan madrasah, pengasuh tetap bersama santri, kerjasama orang tua dan guru, semangat menuntut ilmu, dan do’a serta semangat orang tua. Faktor penghambat; turunnya komitmen dari diri sendiri; tercermin dari kenakalan, kebosanan, dan kemalasan santri karena kegiatan-kegiatan terlalu padat.
References
Akbar, K., Hamdi, H., Kamarudin, L., & Fahruddin, F. (2021). Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 167–175. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.2959
Apriwandi, A., Asrin, A., & Sudirman, S. (2019). Implementation of Character Education Management in Junior High School 1 Praya. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(6), 381–389. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i6.1257
Arifin, R. M. Z. I. W. (2018). Manajemen Boarding school Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Fokus Manajemen Pendidikan, 1(1), 71–86. http://fmp.spsuninus.ac.id/index.php/fmp/article/view/8
Creswell, J. W., Lazuardi, A. L., & Qudsy, S. Z. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset: Memilih diantara lima pendekatan (Ed. 3). Pustaka Pelajar.
Danim, S., & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah: Visi dan strategi Sukses Era teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Fathurrahman. (2015). Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik Dan Praktik Kentekstualisasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Kalimedia.
Handoko, T. H. (2014). Manajemen (Ed. 2, Cet-10). BPFE-Yogyakarta.
Hasibuan, M. S. P. (2015). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.
Hasmayani, B., Siregar, F. H., & Aziz, A. (2019). Establishment of Character Through Boarding school Education in Students in Pondok Pesantren. 318–321. https://www.atlantis- press.com/proceedings/aisteel-19/125928375
Jiwandono, I. S., Nisa, K., Rosyidah, A. N. K., Hakim, M., & Nasaruddin, N. (2020). The Implementation of the Movement for Strengthening Character Education in Primary Schools Through Lombok Traditional Games at SDN 44 Mataram. 246–249. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.062
Khair, B. N., Makki, M., Astria, F. P., Erfan, M., & Hasnawati, H. (2022). Development of science interactive student worksheets oriented higher-order thinking skills for elementary school student. Jurnal Pijar Mipa, 17(1), 41–45. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i1.3087
Kristiawan, M., Maryanti, N., & Fitria, H. (2019). MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI GREEN SCHOOL DI SMK NEGERI 2 MUARA ENIM. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 210–217. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2912
Machali, I., & Hidayat, A. (2018). The Hanbook Of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia (ke-2). Prenada Media.
Maimun, M. Y., Mahdiyah, A., & Nursafitri, D. (2021). Urgensi Manajemen Pendidikan Islamic Boarding school. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1208–1218. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.234
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2018). Metologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Muʼin, F. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik & Praktik (Cet. 1). Ar-Ruzz Media.
Pambudi, M. N., & Samidjo, S. (2019). Manajemen Boarding school dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 67–67. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3551
Ramayulis, R., & Mulyadi, M. (2017). Manajemen dan kepemimpinan pendidikan islam (Cet. 1). Kalam Mulia.