Efektivitas Pelaksanaan Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru IPS SMP Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/jpap.v6i2.501Published:
2022-07-29Issue:
Vol. 6 No. 2 (2022)Keywords:
Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Kinerja Guru Mata Pelajaran IPSArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan kinerja guru IPS SMP di Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan dilakukan pada MGMP IPS Kabupaten Lombok Tengah yang terbagi menjadi 3 zona yaitu zona utara, zona tengah dan zona selatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua, wakil ketua, sekretaris MGMP IPS Kabupaten Lombok Tengah, Guru, Kepala sekolah, Pengawas, dan Dinas Pendidikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi Dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga jalur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang dapat dilaksanakan dengan kredibilitas, Triangulasi, Transferabilitas, Dependabilitas, dan Confirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program MGMP IPS SMP Kabupaten Lombok Tengah efektif dalam meningkatkan kinerja guru IPS SMP Kabupaten Lombok Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru IPS SMP Kabupaten Lombok Tengah sudah dilakukan dengan baik. Namun dengan kondisi Covid-19 seperti saat ini membuat program tersebut pelaksanaannya mengalami berbagai hambatan. Kegiatan pelaksanaan MGMP dilaksanakan melalui dalam jaringan untuk membatasi penyebaran pendemi Covid-19. Termasuk segala aktivitas lainnya disetiap satuan pendidikan pada masa 2021-2022 terbatasi dari tingkat pusat sampai tingkat daerah.
References
Asmui, A., Sudirman, S., & Sridana, S. (2019). Peran Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 4(1), 61-66.
Fakrurridha, F., & Nurdin, N. (2019). pelaksanaan mgmp dalam meningkatkan profesional guru pendidikan agama islam. jurnal serambi ilmu, 20, 238. https://doi.org/10.32672/si.v20i2.1456
Farizawati, R. (2019). efektifitas implimentasi program revitalisasi mgmp sebagai media meningkatkan kompetensi guru bahasa inggris di kabupaten pidie. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2, 42–49. https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.170
Fatmawati, F., Hasbi, H., & Nurdin, K. (2020). Dampak Implementasi Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Terhadap Profesionalitas Guru SMP Negeri di Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(3), 369-383.
Ma’rifatini, L. D. (2014). Efektivitas MGMP dalam peningkatan profesionalisme guru mata pelajaran umum di MTs. Edukasi, 12(1), 294479.
Nurfasha, S. (2021). Kreativitas Guru Ditengah Keterbatasan Sarana dan Prasarana Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/r43h8
Nurfitri, I., & Zaharah, Z. (2018). Aktivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (Mgmp) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Dalam Pengembangan Profesi Guru Berkelanjutan (MTSN JAKTIM). Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.913
Siswono, E., & Djulaiqha, N. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru IPS (Studi Kasus Di MGMP IPS Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat). Edukasi IPS, 1(1), 1-11.
Syaifullah, S. (2018). Edu Sociata Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Wera. Edu Sociata (Jurnal Pendidikan Sosiologi), 2, 17–27. https://doi.org/10.33627/es.v2i1.63
Yerimadesi, Y., Bayharti, B., Hardeli, H., Ellizar, E., & Aini, F. Q. (2020). Improvement of Teacher Professionalism through Classroom Action Research Training in MGMP Kimia SMA/MA Kabupaten Tanah Datar. Pelita Eksakta, 3(2), 136-141.