Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Authors

Faizi Anwar , Asrin , Dadi

DOI:

10.29303/jpap.v6i2.500

Published:

2022-07-29

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2022)

Keywords:

Kepemimpinan Partisipatif, Kepala Sekolah, Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Articles

Downloads

How to Cite

Anwar, F., Asrin, A., & Setiadi, D. (2022). Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 6(2), 39–45. https://doi.org/10.29303/jpap.v6i2.500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 1 Sakra, ditinjau dari perilaku yang berorientasi tugas dan perilaku yang berorientasi hubungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Prosedur penelitian dengan cara mengamati dan menganalisis terhadap berbagai data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi serta informasi dari informan yang diperoleh dilapangan. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, dependability dan confirmability. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah SMP Negeri 1 Sakra yang ditinjau dari dimensi perilaku yang berorientasi tugas kepala sekolah. Ditinjau dari dimensi perilaku yang berorientasi hubungan yaitu; kepala sekolah membina hubungan baik dengan guru dan staf, memberikan dukungan kepada guru dan staf dan bersikap ramah dengan bawahan. Faktor pendukung dalam kepemimpinan kepala sekolah yang ditemukan yakni; kepala sekolah memiliki kepemimpinan partisipatif, membangun hubungan yang sinergis sarana dan prasarana yang memadai, memberikan motivasi dan dukungan dan menjalin komunikasi yang baik. Sedangkan faktor penghambat dalam kepemimpinan kepala sekolah yakni; reward yang diberikan kepala sekolah hanya berupa kalimat motivasi, kepala sekolah kurang menguasai IT dan siswa yang kurang disiplin.

References

Abbas, N. A., Syah, I. & Basri, M. 2017. Pengaruh Metode Reward and Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS. Pesagi; Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah. 5, (6), 1-12.

Agustina, K.N., Asrin, Saputra, H.H. 2021. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Pembelajaran Pada SDN 1 Aikdewa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 6, (4): 675 – 679.

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172.

Andriani, T. 2019. Peran Kepala Sekolah Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Pekanbaru. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. 5, (1).

Asrin, Ramdani, A., Muhaimi, L., Maulyda M, A. 2022. Principal’s Leadership Strategy to Improve “Link and Match†Quality for Vocational Education. Jurnal Kependidikan. 6, (1), 40-52.

Fadlan, M. (2016). Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan IAIN Purwokerto. Jurnal kependidikan, 4(1), 39-62.

Hardono, H., & Yusuf, A. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal Educational Management. 6, (1), 26-33.

Ideswal, Yahya, & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. BASICEDU: Journal Of Elementary Education. 4, (2), 460–466.

Islami, N.F., Oktrifianty, E., Magdalena, I. 2021. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar di SDN Cipondoh 1 Kota Tangerang. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains. 3, (3). 501-518.

Kurniadin, D. & Machalli, I. 2012. Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih. F, Wijaya. H. 2019. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sdn Embung Tangar Kecamatan Praya Barat. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. 4, (5).

Kusmintardjo. 2014. Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 24, (3). 203-213.

Maduratna, M. (2013). Peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kerja guru dan pegawai di sekolah dasar negeri 015 Samarinda. Jurnal administrasi negara, 1 (1), 70-84.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Nurmalinda. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri 003 Benai Kecil. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 3, (3), 607-614.

Rasdiana, Ansar, dan Wahed A. 2021. “Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atasâ€. Pinisi Journal of Educatio. 1, (1), 84-94.

Susanti, H. (2021). Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, dan Mutu Pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33-48.

Tanjung, D. L. 2020. “Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Aliyah Negeri Binjaiâ€. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi. 1, (1).

Taufikurrahman. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Digital. Seminar Nasional Magister Manajemen Pendidikan. (1), (1).

West, L. 2017. Principal and coach as partners. The Journal of Mathematical Behavior.

Author Biographies

Asrin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Dadi, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.