Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Terara Lombok Timur

Authors

Alfiatmi Laelatunnufus , Fahruddin Fahruddin , Dadi

DOI:

10.29303/jpap.v6i2.499

Published:

2022-07-29

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2022)

Keywords:

Manajemen, Layanan Bimbingan dan Konseling, Pandemi Covid-19

Articles

Downloads

How to Cite

Laelatunnufus, A., Fahruddin, F., & Setiadi, D. (2022). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Terara Lombok Timur. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 6(2), 29–38. https://doi.org/10.29303/jpap.v6i2.499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan di SMAN 1 Terara dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus sebagai metode penelitian. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpul data. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari seluruh warga sekolah dan membagikan angket kebutuhan kepada siswa. Informasi yang didapat dianalisis dan disusun dalam bentuk program apa saja yang dibutuhkan siswa diikuti dengan waktu pelaksanaannya. Kemudian program yang telah tersusun dikonsultasikan dan disahkan oleh kepala sekolah; (2) Tahap pengorganisasian dilakukan dengan pembagian siswa asuh kepada masing-masing guru BK, pembagian tugas dan wewenang, dan penetapan alur layanan BK kepada masing-masing warga sekolah yang terlibat; (3) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMAN 1 Terara tidak berjalan sepenuhnya sebagaimana perencanaan program yang telah dibuat. Pemberian layanan BK lebih banyak disesuaikan dengan kebutuhan siswa mengikuti asas kekinian sebagai sasaran kegiatan bimbingan dan konseling; (4) kendala yang ditemui yaitu kurangnya jumlah guru bimbingan dan konseling, tidak tersedianya waktu khusus dalam jadwal pelajaran, tidak sampainya informasi yang utuh kepada orang tua/wali siswa, dan adanya persepsi negatif pada siswa tentang BK.

References

Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling , 52-60. Diambil dari http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/80

Bogdan, R., & Biklen, S., (1992). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn and Bacon.

Daempal, Y. S. (2021). VOX Edukasi: Manajemen Layananan Bimbingan dan Konseling di SMA Bunda Hati Kudus Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1-6. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/351238185_MANAJEMEN_LAYANAN_BIMBINGAN_DAN_KONSELING_DI_SMA_BUNDA_HATI_KUDUS_JAKARTA

Kemendikbud, P. W. (2021, April 20). Dampak Negatif Satu Tahun PJJ. Diambil kembali dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: www.kemendikbud.go.id

Khasanah, K. (2019). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Ma'arif Ngawi. Al-Tazkiah, 4-9. Doi: https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i1.1100

Leksono, B. B. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri Karangreja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Kependidikan, 4-10. Diambil dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3055/1/BUDI%20BOWO%20LEKSONO_MANAJEMEN%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING.pdf

Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis (A Methods Sourcebook). London: SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif (Konsep dan Prosedurnya). Jurnal Maulana Malik Ibrahim Malang, 10-20. Diambil dari http://repository.uin-malang.ac.id/1104/

Rahmadani, R., Neviyarni, & Firman. (2021). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1-5. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1328/1170

Rahman, K., Muspawi, M., & Martini, T. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4-7. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/270872-manajemen-bimbingan-dan-konseling-di-sma-ea043431.pdf

Semiawan, C. R. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis Karakter dan Keunggulannya). Jakarta: Grasindo.

Satori, D., & Komariah, A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Suminingsih. (2019). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar. Media Manajemen Pendidikan, 1-5. Diambil dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/3764

Terry, G. R. (2008). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Author Biographies

Fahruddin Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Dadi, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.