Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menghadapi Dampak Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Terara Lombok Timur
DOI:
10.29303/jpap.v6i2.499Published:
2022-07-29Issue:
Vol. 6 No. 2 (2022)Keywords:
Manajemen, Layanan Bimbingan dan Konseling, Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan di SMAN 1 Terara dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus sebagai metode penelitian. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai alat pengumpul data. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari seluruh warga sekolah dan membagikan angket kebutuhan kepada siswa. Informasi yang didapat dianalisis dan disusun dalam bentuk program apa saja yang dibutuhkan siswa diikuti dengan waktu pelaksanaannya. Kemudian program yang telah tersusun dikonsultasikan dan disahkan oleh kepala sekolah; (2) Tahap pengorganisasian dilakukan dengan pembagian siswa asuh kepada masing-masing guru BK, pembagian tugas dan wewenang, dan penetapan alur layanan BK kepada masing-masing warga sekolah yang terlibat; (3) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMAN 1 Terara tidak berjalan sepenuhnya sebagaimana perencanaan program yang telah dibuat. Pemberian layanan BK lebih banyak disesuaikan dengan kebutuhan siswa mengikuti asas kekinian sebagai sasaran kegiatan bimbingan dan konseling; (4) kendala yang ditemui yaitu kurangnya jumlah guru bimbingan dan konseling, tidak tersedianya waktu khusus dalam jadwal pelajaran, tidak sampainya informasi yang utuh kepada orang tua/wali siswa, dan adanya persepsi negatif pada siswa tentang BK.
References
Bhakti, C. P., & Kurniawan, S. J. (2020). Konsep Psikoedukasi Berbasis Blended Learning bagi Remaja di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling , 52-60. Diambil dari http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/80
Bogdan, R., & Biklen, S., (1992). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn and Bacon.
Daempal, Y. S. (2021). VOX Edukasi: Manajemen Layananan Bimbingan dan Konseling di SMA Bunda Hati Kudus Jakarta. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1-6. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/351238185_MANAJEMEN_LAYANAN_BIMBINGAN_DAN_KONSELING_DI_SMA_BUNDA_HATI_KUDUS_JAKARTA
Kemendikbud, P. W. (2021, April 20). Dampak Negatif Satu Tahun PJJ. Diambil kembali dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: www.kemendikbud.go.id
Khasanah, K. (2019). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Ma'arif Ngawi. Al-Tazkiah, 4-9. Doi: https://doi.org/10.20414/altazkiah.v8i1.1100
Leksono, B. B. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri Karangreja Kabupaten Purbalingga. Jurnal Kependidikan, 4-10. Diambil dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3055/1/BUDI%20BOWO%20LEKSONO_MANAJEMEN%20BIMBINGAN%20DAN%20KONSELING.pdf
Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). Qualitative Data Analysis (A Methods Sourcebook). London: SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif (Konsep dan Prosedurnya). Jurnal Maulana Malik Ibrahim Malang, 10-20. Diambil dari http://repository.uin-malang.ac.id/1104/
Rahmadani, R., Neviyarni, & Firman. (2021). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1-5. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1328/1170
Rahman, K., Muspawi, M., & Martini, T. (2017). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4-7. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/270872-manajemen-bimbingan-dan-konseling-di-sma-ea043431.pdf
Semiawan, C. R. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (Jenis Karakter dan Keunggulannya). Jakarta: Grasindo.
Satori, D., & Komariah, A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Suminingsih. (2019). Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Upaya Meningkatkan Mutu Belajar. Media Manajemen Pendidikan, 1-5. Diambil dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/3764
Terry, G. R. (2008). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.