Perencanaan Pembelajaran Melalui Kolaborasi Wali Murid Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Semasa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/jpap.v6i1.497Published:
2022-01-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2022)Keywords:
Perencanaan, Kolaborasi, Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencaan dalam proses pembelajaran kolaborasi wali murid dan guru semasa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik Paud di Desa Kawo Kecamatan Pujut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif dan dilaksanakan di TK Dharma Wanita Gilik dan TK Pertiwi Kawo yang berada di wilayah Desa Kawo Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala Sekolah, guru, dan Wali Murid TK Dharma Wanita Persatuan Gilik dan TK Pertiwi Kawo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan wali murid di kedua sekolah telah merencanakan pembelajaran secara kolaboratif sebelum guru melaksanakan pembelajaran daring.
References
Allejar, M. (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Proses Pendidikan terhadap Manajemen Kurikulum untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran. Khazanah Akademia, Vol 1, No 01 (2017): Khazanah Akademia, 39–48. http://journal.uniga.ac.id/index.php/K/article/view/168
Dahar, R. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga.
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Wali Murid Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1–19.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6, 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sawyer, B. E., Manz, P. H., & Martin, K. A. (2017). Supporting preschool dual language learners: parents’ and teachers’ beliefs about language development and collaboration. Early Child Development and Care, 187(3–4), 707–726. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1163548
Supriyanto, A. (2016). Kolaborasi Konselor, Guru, Dan Wali Murid Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Usia Din Melalui Bimbingan Komprehensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 42–49.
Surya permana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Syahroni, S. (2017). Peranan Wali Murid dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), 13. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1298
Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 7(1). https://doi.org/10.30984/jii.v7i1.606
Tarigan, A. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Minas. Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi. https://jurnal.uhnp.ac.id/psn-uhnp/article/view/129
Tohawi, A. (2021). Pengelolaan pembelajaran daring ideologi pancasils pada masa pandemi covid-19 di kab nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Innovation, 8(1), 4–23.
Umar, M. (2015). Peranan Wali Murid Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315
WIDYANTO, P. (2020). IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.