Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di SD Negeri Teratak Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jpap.v6i1.496Published:
2022-01-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2022)Keywords:
Implementasi, Manajemen, Pendidikan KarakterArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter di SDN Teratak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diambil menggunakan teknik triangulasi data yang bersumber dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dan temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa konsep pendidikan karakter di SDN Teratak berupa nilai moral universal yang bersumber dari nilai-nilai agama (religius). Adapun implementasi manajemen pendidikan karakter di SDN Teratak tersebut meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 1) Tahap perencanaan; meliputi a) Penyiapan nilai-nilai karakter yang akan di implementasikan. Penentuan nilai karakter sekolah tidak terlepas dari konsep lima nilai yang tercantum dalam gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yakni nilai religius, nilai integritas, nilai nasionalis, nilai mandiri, dan nilai gotong royong, b) Sosialisasi kebijakan. Dalam sosialisasi ini sekolah melakukan sosialisasi terhadap internal sekolah dan eksternal sekolah. c) Penyiapan pendidik dan tenaga pendidik. 2) Tahap pelaksanaan; meliputi a) Sistem perekrutan pendidik dimaksudkan untuk menjamin mutu pendidikan SDN Teratak melalui pendidiknya. b) Pengembangan kurikulum dalam hal ini meliputi silabus pembelajaran, RPP dan pemilihan bahan ajar. c) Pengembangan program melalui program ekstrakurikuler dan bina prestasi d) Melakukan kerjasama dengan orang tua wali murid dan penyediaan sarana dan prasarana.3) Tahap Evaluasi; meliputi evaluasi kelas, evaluasi program, evaluasi guru dan evaluasi sarana dan prasarana.
References
Arifin, B.S dan Rusdiana. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. CV. Pustaka Setia: Bandung.
Masaong, A. K., Asrin, A., Haris, I., & Yunus, S. D. (2016, August). Developing Character Education Management Model for The Empowerment of Ethos Transformation based Multiple-Intelligence of Junior High School Student's. In 6th International Conference on Educational, Management, Administration and Leadership (pp. 45-49). Atlantis Press.
Mulyasa, H.E. 2016. “Manajemen Pendidikan Karakter†Jakarta: Bumi Aksara.
Provus, M. 2015. The Disrepancy Evaluation Model dalam Presentasi Makalah Kumahani Bt. Ku Mat Desa. Penerjemah: Jamil Ahmad.Rusyan, T. & Burhabuddin, 2012. Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta : Pustaka Dinamika.
Rusyan, T. & Burhabuddin, 2012. Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta : Pustaka Dinamik.
Safitri, K. 2020. “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Era Globalisasi†Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 4 Nomor 1 Tahun 2020.
Samsu, 2017. “Metode Penelitian ( Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development)†Jambi : Pusaka Jambi.
Sugiyono,2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A. 2017. “Pendidikan Karakter (Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban†Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyani, N.A. 2021. Manajemen Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.