Survei Penerapan Manajemen Layanan Pendidikan Inklusi Dalam Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
10.29303/jpap.v6i1.493Published:
2022-01-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2022)Keywords:
Penerapan, Layanan Pendidikan, Pandemi Covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan pelayanan pendidikan inklusi di masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Dengan tiga kategori yaitu berdasarkan jenis kelamin, jabatan PNS atau Honorer, dan yang terakhir masa kerja. Penelitian ini menggunakan survey dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang guru dengan sampel 44 orang guru. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan melalui google form. Hasil dari penelitian berdasarkan data adalah penelitian tidak terdapat perbedaan antara jenis kelamin, status kepegawaian, dan masa kerja dalam penerapan layanan pendidikan inklusi di SD Kecamatan Jonggat pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan dengan data yang ada pada variabel. Setiap guru memiliki kompetensi masing-masing dan bertindak sebagai fasilitator, motivator dan pembimbing.
References
Direktorat Pembinaan PKLK Pendidikan Dasar. 2012. Permendiknas Nomor 70 Tahun 2009. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Eka Sari Setianingsih, Ikha Listyarini. 2019. Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. Vol. 3 no 1 juni 2019
Evi Isna, Sri Suneki, Husni. 2019. Manajemen Pendidikan Inklusi Dalam Proses Pembelajaran Dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Volume 3. 15 july 2019
Husnul Khotimah. 2019. Problematika Pelaksanaan pembelajaran inklusi. Volumr 5, no 2 september 2019
Kusuma, Nurul. 2017. Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk Aud . Jurnal Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi 1, Juni 2017
Megawati, Priarti. 2012. Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif 2(3): 227-234 ISSN: 2088-351X
Nashokha, Imam. Tth. Pendidik Saatnya Menjadikan Pendidikan Inklusi sebagai Alternatif Model Pendidikan untuk Semua. https://www.academia.edu/5078049
Smart, Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat (Metode Pembelajaran Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus). Jogjakarta: Kata Hati.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta
Tarmansyah. 2007. Pendidikan Inklusi Untuk Semua. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Aan Komariah dan Djam’an Satori, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.