Perencanaan Dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Paud TK/RA) Di Kecamatan Labuhan Haji

Authors

Tasnim Tasnim , Fahruddin Fahruddin

DOI:

10.29303/jpap.v5i2.490

Published:

2021-07-31

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2021)

Keywords:

Perencanaan, Asesmen, Perkembangan Anak Usia Dini

Articles

Downloads

How to Cite

Tasnim, T., & Fahruddin, F. (2021). Perencanaan Dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Paud TK/RA) Di Kecamatan Labuhan Haji. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 5(2), 54–59. https://doi.org/10.29303/jpap.v5i2.490

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana guru-guru dilembaga pendidikan anak usia dini (PAUD/TK/RA) melakukan perencanaan asesmen perkembangan untuk menilai proses belajar peserta didiknya, serta untuk mengetahui hambatan yang dihadapi mereka dalam melakukan proses asesmen. Metode yang digunakan adalah survei, yaitu dengan mencari informasi tentang implementasi perencanaan dan proses asesmen perkembangan anak yang dilakukan oleh pendidik di 5 lembaga pendidikan anak usia dini (RA) di Kecamatan Labuhan Haji. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam melakukan perencanaan evaluasi seluruh guru telah mengacu pada standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA). Adapun teknik asesmen yang paling banyak digunakan adalah metode observasi dan portofolio tampilan anak dikarenakan sifatnya yang sederhana, mudah dilaksanakan, namun mampu memberikan gambaran umum perkembangan pada diri anak.

References

Anhusadar, L. (2013). Assessment Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 58-70.

Cohen, D. (2006). Trois leçons sur la société post-industrielle (pp. 90-p). Paris: Seuil.

Dwi Prasetyawati DH. 2013. Pengembangan Model “Performance Assesment†untuk Anak Usia Dini.

Denham, S. A., & Weissberg, R. P. (2004). Social-emotional learning in early childhood: What we know and where to go from here. InE. Chesebrough, P. King, TP Gullota, & M. Bloom (Eds.), A blueprint for the promotion of prosocial behavior in early childhood (pp. 1351). New York: Kluwer/Plenum. Domitrovich, CE, & Greenberg, MT (2000). The study of implementation: Current findings from effective programs that prevent mental disorders in school-aged children. Journal of Educational & Psychological Consultation, 11(2), 193221.

Lara Fridani, Sri Wulan, Sri Indah Pujiastuti. 2013. Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Banten: Univesitas Terbuka.

Miles,B.M.,&Huberman,A.M.,1984.QualitativeDataAnalysis.LondonNewDelhi:Sage Publications.

Nutbrown,C.&Clough,P.2015.PendidikanAnakUsiaDini:Sejarah,Filosofi,danPengalaman, Terj. Pramono. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Utsman. 2013. Pengembangan Instrumen Asesmen Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TamanKanak-Kanak. http://www.uny.ac.id,15/5/2014:

Yuliani, N. S. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Berbasis Kecerdasan Jamak. Makalah Semiloka PAUD. Bandung: Direktorat PAUD.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.

Zulfikar dan Fahruddin.jurnal internasional penelitian saat ini vol 10.masalah,04 pp.67894-67901,April 2018

Author Biography

Fahruddin Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.