Manajemen Pelayanan Publik Di Dinas Perpustakan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat
DOI:
10.29303/jpap.v5i2.489Published:
2021-07-31Issue:
Vol. 5 No. 2 (2021)Keywords:
Manajemen, Pelayanan publikArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan publik dan cara meningkatkan pelayanan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi pelayanan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependbilitas, dan komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen pelayanan publik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi masih sepenuhnya belum berjalan dengan lancar. Pelayanan publik yang diberikan sudah sangat maksimal meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan yang dirasakan mulai dari bahan koleksi bacaan yang kurang, sarana prasarana yang tidak memadai, dana yang minim dan perlu pengadaan gedung untuk menunjang pelaksanaan pelayanan yang ada sehingga pelayanan kepada masyarakat masih dirasakan kurang. 2) Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB untuk memperbaiki serta meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan dengan cara selalu meningkatkan sumber daya manusia yang dimliki dan peningkatan sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan pelayanan publik.
References
Anwar, Maskur, Jaelani. 2019. Manajemen Perpustakaan. Riau: PT. Indragiri.
Handoko, H. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Yogyakkarta: BPFE
Hikmawati, F. 2016. Metode Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.
Indrawati. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Refik Aditama.
Presiden Republik Indonesia. (2012). No 96. Pelayanan Publik : Jakarta
Presiden Republik Indonesia. (2014), No 24. Undang-Undang Perpustakaan: Jakarta
Saondi, O. 2014. Membangun Manajemen Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaaan. Jakarta: Sagung Seto.
Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta