Manajemen Pelayanan Publik Di Dinas Perpustakan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat

Authors

Lalu Kamarudin , Agil Al Idrus , Joni Rokhmat

DOI:

10.29303/jpap.v5i2.489

Published:

2021-07-31

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2021)

Keywords:

Manajemen, Pelayanan publik

Articles

Downloads

How to Cite

Kamarudin, L., Al Idrus, A., & Rokhmat, J. (2021). Manajemen Pelayanan Publik Di Dinas Perpustakan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 5(2), 49–53. https://doi.org/10.29303/jpap.v5i2.489

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelayanan publik dan cara meningkatkan pelayanan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi pelayanan publik di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependbilitas, dan komfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen pelayanan publik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi masih sepenuhnya belum berjalan dengan lancar. Pelayanan publik yang diberikan sudah sangat maksimal meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan yang dirasakan mulai dari bahan koleksi bacaan yang kurang, sarana prasarana yang tidak memadai, dana yang minim dan perlu pengadaan gedung untuk menunjang pelaksanaan pelayanan yang ada sehingga pelayanan kepada masyarakat masih dirasakan kurang. 2) Upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB untuk memperbaiki serta meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan dengan cara selalu meningkatkan sumber daya manusia yang dimliki dan peningkatan sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan pelayanan publik.

References

Anwar, Maskur, Jaelani. 2019. Manajemen Perpustakaan. Riau: PT. Indragiri.

Handoko, H. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber daya Manusia. Yogyakkarta: BPFE

Hikmawati, F. 2016. Metode Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Indrawati. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Refik Aditama.

Presiden Republik Indonesia. (2012). No 96. Pelayanan Publik : Jakarta

Presiden Republik Indonesia. (2014), No 24. Undang-Undang Perpustakaan: Jakarta

Saondi, O. 2014. Membangun Manajemen Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Siagian, S. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaaan. Jakarta: Sagung Seto.

Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Author Biographies

Agil Al Idrus, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Joni Rokhmat, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.