Implementasi Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teaching factory Di SMK Negeri 4 Mataram

Authors

Fiqrul Islami , A Hari Witono , Mansur Hakim

DOI:

10.29303/jpap.v5i2.488

Published:

2021-07-31

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2021)

Keywords:

Manajemen, Kepala Sekolah, Teaching factory SMK

Articles

Downloads

How to Cite

Islami, F., Witono, A. H., & Hakim, M. (2021). Implementasi Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teaching factory Di SMK Negeri 4 Mataram. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 5(2), 34–48. https://doi.org/10.29303/jpap.v5i2.488

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  implementasi pengembangan   manajemen   pembelajaran   teaching   factory   di  SMK Negeri 4 Mataram Kompetensi Keahlian Tata Boga dalam mendukung peningkatan pengelolaan berbasis industri yang meliputi perencanaan, dan pemenuhan persiapan pelaksanaan. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen pembelajaran teaching factory di SMK Negeri 4 Mataram Kompetensi Tata Boga dalam mendukung peningkatan pengelolaan berbasis industri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Mataram di Kompetensi Keahlian Tata Boga. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif metode deskriptif melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi.  Hasil penelitian ini adalah: (1) implementasi pengembangan manajemen dalam hal perencanaan teaching factory secara umum secara umum sudah dilakukan dengan efektif walaupun ada beberapa perencanaan yang perlu untuk dikembangkan. (2) a. faktor pendukung; (a) terjalinnya kemitraan dengan baik bersama IDUKA, Asosiasi Profesi, LSP P-1; (b) kurikulum memenuhi SKKNI dan berbasis kearifan local; (c) materi job sheet sudah berada pada level 5 – TEFA; (d) pembelajaran sistem rotasi; (e) pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan peserta didik semakin bertambah menjadi 6 bulan; b. faktor penghambat: (a) ketersediaan guru kompetensi keahalian tata boga masih kurang: (b) jadwal pembelajaran masih konvensional; (c) belum maksimalnya dukungan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan NTB dalam bantuan UGB atau revitalisasi  sarana  ruang  praktik  yang  lebih  memadai;  (d)  belum  ada  MoU  dengan IDUKA untuk yang menjamin lulusan untuk bekerja.

References

Alma, Buchari., 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alptekin, S., & Pouraghabagher, R., & McQuaid, P., & Waldorf, D. (2001, June), Teaching Factory Paper presented at 2001 Annual Conference, Albuquerque, New Mexico. 10.18260/1-2—9863.

Badan Pusat Statistik., 2020. Angka Pengangguran Bulan Agustus 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Billett, Stephen., 2011. Vocational Education. New York: Springer Science and Business Media.

Burke, John., 2005. Competency Based Education and Training.London:Taylor & Prancis: Falmer Press

Cahyaningrum Nur & Agus Heri, S.I., 2019. Implementation of learning Teaching factory Clothes in SMKN 3 Malang.Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 406 2nd International Conference on Social, Applied Science, and Technology in Home Economics (ICONHOMECS 2019- http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ :Atlantis Press.

Depdiknas., 2003. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2013. Sistem Pendidikan.

Nasional. Jakarta: Depdiknas., 2009. Permendiknas No.28, Tahun 2009, tentang Standar Kompetensi Kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Direktorat SMK., 2006. Roadmap Pengembangan SMK 2010-2014.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

George Terry,. R. dan Leslie W. Rue., 1999. Dasar-dasar Manajemen, terjemahan. G. A. Ticoalu. Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, Abdul., 2017. Learning System Management Based on Teaching factory in Indonesia. Journal of Advanced Research in Social Sciences and Humanities, Volume 2, issue 4 (237-248) DOI: https://dx.doi.org/10.26500/JARSSH-02-2017-0402.

Hasbullah., 2010. Implementasi Pabrik Pengajaran (teaching factory) untuk meningkatkan kompetensi siswa SMK. Seminar Internasional, ISSN 1907-2066. Peran LPTK dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia. Indonesia, Presiden Republik., 2005. Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Indriaturrahmi, I & Sudiyatno, S., 2016. Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Penyelenggaraan SMK berbasis kearifan lokal di kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 2, Juni 2016 (162- 172).https://doi.org/10.21831/jpv.v6i2.6277

IGI., 2007. Brosur IGI. Jakarta

Jariah, Ainun., 2019. Manajemen Teaching factory di SMK Negeri 1 Barabai. Proceeding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol 5 No 2.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 162/U/2003. Tentang Pedoman Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Khurniawan, A. W., & Haryani, Tri., 2016. Grand Design Pengembangan Teaching factory dan Technopark SMK.Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kompri., 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta

Mulyasa, Edi., 2007. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Rosda

Reksoatmodjo, T., N. 2010. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT Refika Aditama.

Riadi Selamet, Sukardi, & Hakim, M., 2020. Human ResourcesManagement in Middle School Vocational State 4 Mataram. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding ISSN 2364-5369.

Risnawan., 2019. Manajemen Teaching factory dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Prambanan. Media Manajemen Pendidikan Volume 2 No. 1 Juni 2019 pâ€ISSN: 2622â€772X eâ€ISSN: 2622â€3694.

Sema E Alptekin, Pouraghabagher Reza, McQuaid Patricia & Waldorf Daniel., 2001. Teaching factory, Proceedings of mthe 2001 American Society for Engineering Education Annual Conference & Exposition. San Luis Obispo, 3563.

Sukmadinata, N., S., Jami’at, A.,N., & Ahman (2008). Pegendalian Mutu Pendidikan Menengah. Bandung: PT. Rieka Aditama.

Suryadi, Ace. 2010. Permasalahan dan Alternatif Kebijakan Peningkatan Relevansi Pendidikan, studi relevansi pendidikan kerjasama UPI dengan balitbang kemendikmas. http://file.upi.edu. Proceding/seminar_Internasional.NFE

Tilaar, Henry. A. R & Nugroho, R., 2016. Kebijakan Pendidikan:Pengantar Untuk memahami kebijakan pendidikan dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Tovvey, Michael, D., 1997. Competency Based Training. NTL Institute for Applied Behavioral Science.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Kemendikbud

Yahya Muhammad., 2018. Implementasi Pelaksanaan Spektrum SMK dalam Mendukung Technopakâ€.Mataram: Dikbud

Author Biographies

A Hari Witono, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Mansur Hakim, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.