Kinerja Mengajar Guru Matematika SMP pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah

Authors

Khairul Akbar , Fahruddin Fahruddin , Mansur Hakim

DOI:

10.29303/jpap.v5i1.486

Published:

2021-01-29

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2021)

Keywords:

kinerja mengajar guru, pandemi Covid-19, variabel demografi

Articles

Downloads

How to Cite

Akbar, K., Fahruddin, F., & Hakim, M. (2021). Kinerja Mengajar Guru Matematika SMP pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Lombok Tengah. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 5(1), 6–11. https://doi.org/10.29303/jpap.v5i1.486

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja mengajar guru Matematika SMP pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan variabel demografi (jenis kelamin, status kepegawaian, masa kerja, status sertifikasi, dan status sekolah). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis survey. Populasi penelitian adalah 56 orang guru Matematika SMP Negeri dan SMP Swasta di Zona Selatan Kabupaten Lombok Tengah Indonesia. Sampel minimal ditentukan sebanyak 50 orang dengan teknik random sampling. Data kinerja mengajar guru dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar secara online menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kinerja mengajar guru Matematika SMP pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan status sertifikasi guru. Sedangkan kinerja mengajar guru Matematika SMP pada masa Pandemi Covid-19 berdasarkan jenis kelamin, status kepegawaian, masa kerja dan status sekolah menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan.

References

Adi, T. W., Prambudiarto, N., & Hidyantari, E. (2017). Pengaruh Sertifikasi Guru dan Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Economics and Sustainable Development, 2(1), 25–34.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia; Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Alfionita, I. L., Muhaimi, L., & Fahruddin. (2020). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Kualitas PAUD di Gugus 3 Kabupaten Gerung. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 4(1), 8–10.

Aprilia, I., & Sobari, A. (2018). Dampak Sertifikasi terhadap Kinerja Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bogor. Fikrah: Journal Of Islamic Education, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.32507/fikrah.v2i1.267

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Beratha, I. G. S., Sridana, N. G. S., & Herianto, E. (2017). Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.29303/jipp.v2i2.63

Chaiprasurt, C. (2019). Enhancing Students’ Motivation using Facebook and SMS with Google Spreadsheets Support: A Comparative Study. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 3(1), 19–30. https://doi.org/dx.doi.org/10.20961/ijpte.v3i1.25370

Chen, Y.-G. (2017). Exploring Differences from Principals’ Leaderships and Teachers’Teaching Performances in Public and Private Schools. The Journal of International Management Studies, 12(2), 65–81.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Falina, N. I. Des. (2019). Pengaruh Motivasi dan Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru. Manajer Pendidikan, 13(2), 212–218.

Farah, K., Fauzee, M. S. O., & Daud, Y. (2016). Qualitative Analysis of The Teacher’s Performance in Private and Public Sector Schools: A Developing Country’s Experience. Educational Research International, 5(4), 33–39.

Farida, U., & Pratiwi, Y. (2018). Peran Sertifikasi Teradap Kinerja Guru di SMA negeri 1 Ponorogo. Seminar Nasional Dan Call For Paper III, 504–512.

Fuad, N. (2017). Pengaruh Sertifikasi guru Terhadap Peningkatan Kinerja Guru PAI di SMP dan MTs. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.21009/jmp.08103

Hafidz, S. F. (2016). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru di SDN Ciawi 1 dan SDN Ciawi 2 Bogor. Tadbir Muwahhid, 5(1). https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.338

Hakim, R. A. M. R., Ekawati, & Wahyuni, I. (2019). Analisis Pengaruh Faktor Demografi, Upah Kerja, Motivasi Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Guru SLB Swasta di Cirebon. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(4), 517–524.

Mahtur, M. R., & Suwasono, E. (2018). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD di UPTD Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Revitalisasi Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 193–198. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v7i2.821

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Nuraeni, N. A., Affandi, I., & Heryani, A. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru, Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru di MTs Al-Muqowamah Singaparna Tasikmalaya. Naturalistic Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2a), 562–568. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.810

Rachman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 480–487. https://doi.org/10.5281/zenodo.4035268

Sa’adah, N. (2018). Studi Komparatif Tentang Perbedaan Kinerja Guru PKN PNS dengan Non PNS (Studi Pada SMP di Kota Singaraja). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jpku.v6i2.22063

Siram, R. (2013). Pelaksanaan Model Guru Kunjung di Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 225–229.

Siregar, J., & Murniarti, E. (2020). Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Mengelola Strategi Pembelajaran Home Learning Masa Pandemi Covid-19 di PAUD Kasih Efrata Jatiasih Bekasi. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 245–254. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295

Sucipto, T. L. A., Efendi, A., Hanif, H. N., & Budiyanto, C. (2017). The Influence of Learning Management Technology to Student’s Learning Outcome. International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE), 1(1), 11–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.4606

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suryarsi, S., Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.081.05

Susmiyati, S., & Zurqoni. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 137–160. https://doi.org/10.21093/sajie.v2i2.2266

Syafriadi. (2015). Kinerja Guru Sertifikasi pada Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Plus Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar. Al-Fiqrah Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 63–75. https://doi.org/10.31958/jaf.v3i1.391

Syah, M. F. J. (2016). Pengalaman, Jenis Kelamin, Dan Tingkat Pendidikan: Apakah Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi Di Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Dan Kota Semarang? Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, 22–29.

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education amid the COVID19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4), 1–5. https://doi.org/10.29333/pr/7947

Utari, A. S., Tobari, & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Full Day School dan Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3755

Zamuri, I. K., Sarwanto, & Rukayah. (2020). Smartphone Based Learning Media: Elementary School Teachers’ Perspective on Technology Intervention in Teaching. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(4), 9–14. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i4.1556

Author Biographies

Fahruddin Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Mansur Hakim, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.