Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) SMAN 10 Kota Mataram

Authors

Gunawan Gunawan , Agus Ramdani , Fahruddin Fahruddin

DOI:

10.29303/jpap.v5i1.484

Published:

2021-01-29

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2021)

Keywords:

SPMI, Deskriptif, Kepala Sekolah, SMAN 10 Kota Mataram

Articles

Downloads

How to Cite

Gunawan, G., Ramdani, A., & Fahruddin, F. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) SMAN 10 Kota Mataram. JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 5(1), 12–17. https://doi.org/10.29303/jpap.v5i1.484

Abstract

Penjaminan mutu yang selama ini sudah berjalan masih terbatas penjaminan mutu eksternal, sedangkan penjaminan mutu internal satuan Pendidikan belum banyak dilaksanakan oleh setiap satuan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan sistem penjaminan mutu pendidikan di SMAN 10 Kota Mataram. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menunjukkan bahwa perencanaan sistem penjaminan mutu di SMAN 10 Kota Mataram dilaksanakan oleh semua komponen sekolah melalui musyawarah dan menentukan program kegiatan untuk memperbaiki Negeri 10 Mataram tahun 2019 terdapat 4 indikator permasalahan yang muncul dari 29 indikator pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang harus dilakukan perbaikan.

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Aspranawa, A. A. D. P., & Pravitasari, D. D. (2017, August). System Management of Internal Quality Assurance for College at the University of Islam Balitar Blitar Indonesia. In 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2017) (pp. 209-214). Atlantis Press.

Badan Akreditasi Nasional :2019, Pedoman Akreditasi Sekolah Madrasah 2019

Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah :2017, Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah Provinsi Nnusa Tenggara Barat.

Gunawan, G., Ramdani, A., & Fahruddin, F. (2021). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) SMA Negeri di Kota Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(2).

Hakim, M., & Fahruddin, F. (2020, May). How to Improve Principal Leadership Effectivity. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 325-327). Atlantis Press.

Mursidi, A., Murdani, E., Ting, I. H., & Wu, J. C. (2019, January). Development of internal quality assurance model in higher education institution. In Proceedings of the 10th International Conference on E-Education, E-Business, E-Management and E-Learning (pp. 264-269).

Mursidi, A., Raharjo, T., Sugiyo, S., & Yulianto, A. (2020). Factual Model of Internal Quality Assurance System of Private Higher Education Institutions in Indonesia. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(1), 46-52.

Sumarto, S. (2018). Peran Dan Kredibilitas Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (Ban S/M) Mewujudkan Sekolah Efektif Melalui Manajemen Mutu. Jurnal Literasiologi, 1(1), 12-12.

Taurina, Z. (2015). Students’ motivation and learning outcomes: Significant factors in internal study quality assurance system. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 5(4), 2625-2630.

Tavares, O., Sin, C., Videira, P., & Amaral, A. (2017). Academics’ perceptions of the impact of internal quality assurance on teaching and learning. Assessment & Evaluation in Higher Education, 42(8), 1293-1305.

Author Biographies

Agus Ramdani, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.

Fahruddin Fahruddin, Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.